Cerita Disie, dari Fangirl Kpop Hingga Berhasil Dapat Beasiswa ke Korea Selatan

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 31 Mar 2022 12:00 WIB
Disie bersama teman-teman di Korea Selatan
Disie bersama Teman-teman di Korea Selatan. Foto: Desiree Siregar
Jakarta -

Kata siapa K-Pop hanya ajang hiburan semata, hal itu berhasil dipatahkan oleh Desiree Siregar atau yang akrab disapa Disie. Disie mengaku menggemari boy-band K-Pop bernama GOT7. Disie berhasil mendapatkan beasiswa di Korea dari Global Korea Scholarship (GKS) untuk studi S2.

"Jujur aku sebenernya udah lama mau kuliah S2 dari lulus tahun 2013 tapi karena satu dan lain hal banyak ketunda, terus abis itu aku liat GOT7 beres kontrak aku bertanya ke diri sendiri. Aku mau ngapain abis ini, jadi aku langsung mikir ya udah kejar mimpi aku aja yang selama ini ketunda. Mereka aja udah terkenal dan sukses masih punya mimpi dan ngejar itu, kenapa aku enggak," kata Disie kepada detikEdu, Senin (28/3/2022).

Disie mengaku ia telah lama menyukai K-Pop dan ia merasa harus mendapatkan manfaat dari apa yang disukainya.

"Kalau dapat beasiswa di Korea kan aku bisa tinggal di Korea dan sekolah bahasa Korea juga. Jadi lancar bahasanya. Kalau kuliah aku juga dapat ilmunya. Jadi karena fangirling Kpopan juga menyita waktu, aku pengen dapat manfaatnya," kata Disie.

Selain itu ia juga menyukai suasana di Korea. Dirinya pernah mengunjungi Korea di tahun 2012 dan 2014.

"Aku ke Ewha terus sejak itu aku bertekad untuk tinggal lama atau bersekolah di Korea," papar Disie.

Proses Mendapatkan Beasiswa

Disie di KampusDisie di Kampus Foto: Desiree Siregar

Disie menceritakan proses untuk mendapatkan beasiswa di Korea cukup panjang yang memakan waktu dari bulan Maret-Agustus. Di awali pendaftaran saat bulan Februari.

"Jadi aku siapin semua dokumen dari Januari, terus Maret ditutup. Abis itu lanjut tahap 2 yaitu interview," kata Disie.

Saat melakukan wawancara, ia diwawancara oleh kedutaan Korea dan Kemendikbudristek Indonesia. Setelah itu, ia harus menunggu sebulan lagi karena dokumen yang dikirimkan diseleksi oleh Kemendikbud Korea.

Jika sesi dokumen lolos, dokumen tersebut dikirim ke tiga universitas yang dipilih. Disie menggunakan jalur embassy track sehingga dapat memilih 3 universitas.

"Aku pilih Seoul National University (SNU), Ewha Women University, dan Pusan National University (PNU). Aku lolos semua kecuali Ewha," terang Disie.

"Terus ini paralel sama medical check-up. Kalau oke semua, final announcement di Juni terus Agustus berangkat. Waktu itu agak deg-degan juga karena varian delta lagi parah sekali terus visa gak dapat-dapat karena ditutup. Tapi alhamdulillah bisa berangkat," lanjut Disie.

Tips Mendapatkan Beasiswa GKS

Disie di Korea SelatanDisie di Korea Selatan Foto: Desiree Siregar

Disie membeberkan sejumlah tips mengapa ia bisa mendapatkan beasiswa GKS. Beasiswa GKS ini bersifat fully funded mulai dari tiket pesawat, visa, biaya kuliah, biaya hidup, dan asuransi kesehatan.

"Tipsnya rajin cari-cari info, kalau ada guidelines dibaca sebaik-baiknya dan persiapkan diri kita, dari ijazah, essay, dokumen lainnya dari jauh hari," ucap Disie.

Ia juga menambahkan juga untuk melakukan riset jurusan yang cocok sesuai masing-masing individu dan melihat mata kuliah di kampus tersebut.

"Jangan lupa berdoa dan minta restu mama juga," terang Disie.

Adapun Disie juga menjelaskan karena ini beasiswa GKS, ketika pelamar belum memiliki nilai TOPIK 5 atau 6 harus bersekolah bahasa selama satu tahun dulu.

"Sekarang aku kursus bahasa di Jeju National University. Agustus aku akan mulai kuliah S2 di SNU jurusan fashion marketing," kata Disie.

Ia bercerita saat S1 mengambil jurusan kriya tekstil di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung.

Nah demikianlah kisah Disie berhasil mendapatkan beasiswa di Korea. Semoga dapat menginspirasi detikers ya!



Simak Video "Uji Coba Kedua Peluncuran Roket Luar Angkasa Korea Selatan Berhasil"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia