Keren! Mahasiswi ITB Ini Diminta Disney Buatkan Ilustrasi Poster Film

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 17 Apr 2022 17:00 WIB
Ilustrasi poster Turning Red karya mahasiswa ITB
Ilustrasi poster Turning Red karya mahasiswi ITB. Foto: ITB
Jakarta -

Prestasi membanggakan datang dari mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB). Pasalnya, ia diminta Disney untuk membuat poster film Turning Red. Lalu, Pixar mengunggah ulang poster buatan Emmanuelle Elizabeth di akun media sosial Pixar Turning Red.

Emmanuelle sendiri adalah mahasiswa angkatan 2020 prodi Desain Komunikasi Visual pada Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB. Emma memang aktif membuat ilustrasi-ilustrasi dangan pola ceria pada akun sosial medianya.

Ia mengaku film-film Disney merupakan inspirasinya membuat karya sejak kecil hingga kini.

"Salah satunya emang yang paling menginspirasi aku itu film-film Disney yang udah jadi kesenanganku sejak kecil. Entah kenapa aku selalu merasa semangat hidup banget tiap abis nonton film Disney," ujar Emma yang dikutip dari laman ITB.

Emma mengaku ketertarikannya pada film-film Disney mempengaruhi gaya menggambarnya. Ia pun kaget ketika Disney memintanya untuk membuatkan poster ilustrasi film Turning Red.

"Saat aku tau Disney minta aku untuk mengilustrasikan poster dari film Turning Red, aku sangat senang dan excited karena aku pribadi merasa sangat terhubung dengan filmnya," ujar Emma.

Adanya Kesamaan Nasib dengan Film

Emma bercerita Film Turning Red sangat dekat dengan dirinya. Ia dan tokoh utama di film tersebut sama-sama keturunan China.

"Sebagai Chinese Asian, aku sangat menyukai film ini karena Pixar Turning Red mengangkat cerita yang sangat relatable berhubungan dengan penerimaan diri, persahabatan, dan hal-hal yang kita semua alami saat menginjak usia remaja," ujar Emma.

Saat membuat poster tersebut, ada beberapa tahap yang dilakukan Emma. Pertama adalah mencerna cerita dari film Turning Red.

"Aku juga banyak mencari tau tentang audiens nya untuk siapa, apa keunikan dari film ini, dan apa hal yang menarik dari film ini menurut pandangan mataku sebagai ilustrator," kata Emma.

Lebih lanjut, ketika ingin menonjolkan tokoh utamanya yaitu Mei harus menampilkan suasana budaya oriental yang kental.

"Aku sangat menyukai budaya chinese yang pixar gambarkan dalam film ini, hingga di posternya aku gambar atap temple-nya lalu juga ukiran panda merah sebagai border dari posternya," kata Emma.

Menurut Emma, tantangan terberat saat membuat poster ilustrasi Turning Red adalah mencari ide dan membuat sketsa.

"Biasanya sih aku coba untuk ngumpulin mood ku dulu dan coba bikin poin-poin untuk memperjelas apa yang ingin aku sampaikan dalam posternya," kata Emma.

Pihak Disney menurut Emma juga cukup kooperatif dalam proses pembuatan poster film Turning Red. Disney memberikan tenggat waktu yang sesuai dan evaluasi yang sistematis dalam pembuatan poster tersebut.

Emma juga merasa terarah dan menikmati setiap proses pengerjaan poster film Turning Red.



Simak Video "Disney and Pixar's "Turning Red" Membawa Kisah Pribadi sang Sutradara"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia