Puasa di Negeri Rantau

Puasa Ramadan di Mesir: Musim Panas hingga Suhu Udara 43 Derajat

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 14 Apr 2022 11:50 WIB
Couple of glowing Moroccan ornamental lanterns on the table. Greeting card, invitation for Muslim holy month Ramadan Kareem, festive blue night background with glittering golden bokeh lights.
ilustrasi Ramadan.Foto: Getty Images/iStockphoto/Tabitazn
Jakarta -

Puasa Ramadan di MesirPuasa Ramadan di Mesir Foto: Iftinaan Afiifah Hartanto

Puasa Ramadan tahun 2022 ini merupakan tahun keempat bagi Iftinaan Afiifah Hartanto menjalankannya di Mesir. Iif, begitu biasa dia dipanggil, tinggal di Kairo, Nasr City.

Iif merupakan mahasiswa pendidikan dokter di Ain Shams University. Ia berhasil mendapatkan beasiswa dari pemerintahan Mesir.

Iif bercerita setiap bulan Ramadan selalu bertepatan dengan musim panas.

Hal ini menyebabkan durasi puasa menjadi lebih lama yaitu sekitar 15-16 jam sehari. Tidak hanya itu saja, suhu udara ketika musim panas dapat mencapai 43 derajat Celcius.

"Setiap puasa aku meminimalisir aktivitas keluar saat siang hari kecuali untuk kuliah," kata Iif saat dihubungi detikEdu, Kamis (7/4/2022).

"Untuk itu tipsnya aku lebih menjaga imun tubuh. Caranya sahur dan berbuka sebisa mungkin minum air mineral yang banyak agar tidak dehidrasi saat puasa di musim panas," tambah Iif.

Meskipun puasa Ramadan di Mesir terasa panas karena cuacanya tetapi suasananya terasa hangat. Hal ini dikarenakan masyarakat Mesir sering berbagi makanan kepada sesama.

"Saat Ramadan sangat sering kita jumpai masyarakat Mesir berbagi takjil sampai makanan berat untuk siapa saja yang lewat. Bahkan tidak jarang juga kita temui yang membagikan sembako secara cuma-cuma," cerita Iif.

Selain itu, setiap bulan Ramadan tiba selalu penuh dengan hiasan khas Ramadan ala Mesir.

Iif mengaku awalnya cukup berat menjalankan ibadah puasa sambil kuliah di Mesir.

"Awalnya cukup berat karna tahun-tahun sebelumnya selalu bertepatan dengan jadwal ujian dan puncak musim panas. Tapi sekarang bisa lebih enjoy menikmati puasa Ramadan karena tidak bertepatan dengan ujian," kata mahasiswi asal Yogyakarta tersebut.

Walaupun sibuk berkuliah, Iif juga mengurus rumah tangganya dengan baik. Saat ini ia juga telah dikaruniai dua buah hati.



Simak Video "Ringgo Agus Tak Paksa Bjorka untuk Jalani Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia