Keren! Siswi MAN Ini Lolos Seleksi di Perguruan Tinggi Inggris dan Malaysia

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 11 Apr 2022 20:00 WIB
Siswi MAN 1 Yogyakarta Lolos Seleksi di 2 Kampus Luar Negeri
Siswi MAN 1 Yogyakarta lolos seleksi di 2 kampus luar negeri, Inggris dan Malaysia. (Dok. Kemenag)
Jakarta -

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) kembali mengukir prestasi. Kali ini dari siswi MAN 1 Yogyakarta, Araminta Vania Saraswati, yang dikabarkan lolos seleksi penerimaan mahasiswa baru di 2 universitas luar negeri sekaligus.

Kedua perguruan tinggi yang menerima siswi MAN itu adalah The University of Manchester United Kingdom di Inggris dan Monash University di Malaysia. Araminta, begitu ia kerap disapa, mengaku memilih The University of Manchester di antara dua pilihan tersebut.

Pertimbangan dari siswi kelahiran Yogyakarta tersebut adalah pilihan jurusan yang diambilnya saat mendaftar di The University of Manchester United Kingdom. Araminta memilih Bachelor of Biomedical Science.

"Karena saya tertarik pada penelitian di bidang Kesehatan," kata siswi yang tergabung dalam kelompok Olimpiade Biologi di sekolahnya itu melalui laman Kemenag, Senin (11/4/2022).

Araminta kemudian membeberkan sejumlah rahasia di balik keberhasilannya tersebut. Pertama, bekal yang diterimanya selama menempuh pendidikan di MAN 1 Yogyakarta.

Kemudian, siswi kelahiran Yogyakarta ini juga menyiapkan bekal kemampuan berbahasa sebelum mendaftar di dua kampus luar negeri tersebut. "Jika tertarik untuk ke luar negeri, mulai sekarang juga belajar bahasa akan digunakan di negara yang ingin dituju," tutur dia.

Bicara soal berangkat ke luar negeri untuk kebutuhan studi, sebetulnya Araminta sendiri telah memiliki pengalaman ke Jepang sebelumnya. Di sana, ia ikut serta dalam program pertukaran pelajar dari Bina Antarbudaya (AFS) dan Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Jepang (MEXT/Monbushō) selama enam bulan.

"Saya bertemu orang-orang luar biasa yang memberi saya pengalaman tak terlupakan," cerita Araminta.

Sebagai pihak almamater tempat siswa usia 18 tahun ini, Kepala MAN 1 Yogyakarta Wiranto Prasetyahadi berpesan pada Araminta agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas atas prestasinya tersebut. Wiranto juga mengapresiasi para pihak yang telah memberikan dukungan dan doa kepada salah satu peserta didiknya itu.



Simak Video "Madrasah-SMA 'Hilang' di RUU Sisdiknas, Nadiem-Yaqut Beri Penjelasan"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia