Kemenag Gelar Rakornas, Bahas Dana Abadi Pesantren

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 30 Mar 2022 10:00 WIB
Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) membahas sejumlah isu strategis
Foto: Doc kemenag.go.id/Kemenag Gelar Rakornas, Bahas Dana Abadi Pesantren
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang membahas sejumlah isu strategis. Salah satunya dana abadi pesantren demi mendukung kemandirian sarana pendidikan tersebut.

"Bagaimana langkah strategis mewujudkan kemandirian pesantren, akan dibahas dalam Rakornas ini. Termasuk juga tentang dana abadi pesantren," kata Direktur PD Pontren Waryono Abdul Ghafur dalam rilis yang diterima detikEdu Selasa (29/3/2022).

Dalam situs Kemenag dijelaskan, dana abadi pesantren terintegrasi dengan dana abadi pendidikan yang dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Aturan terkait program ini tercantum dalam Perpres 82/2021.

"Perpres ini mengatur tentang dana abadi pesantren yang dialokasikan khusus untuk pesantren dan bersifat abadi, untuk menjamin keberlangsungan pengembangan pendidikan pesantren yang bersumber dan merupakan bagian dari dana abadi pendidikan," tulis situs Kemenag.

Dana abadi dikelola berdasarkan asas dan tujuan penyelenggaraan pesantren sesuai fungsinya di masyarkat. Fungsi ini meliputi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat.

Waryono menjelaskan, rakornas ini nantinya akan membahas skema dana abadi bersama narasumber dari LPDP. Rapat diharapkan bisa memutuskan solusi yang tepat agar dana abadi pesantren berfungsi maksimal.

Selain dana abadi pesantren, berbagai isu strategis lain ikut dibahas dalam rakornas. Misal pendidikan inklusi, pendidikan anti kekerasan, dan beasiswa santri. Waryono berharap, rakornas bisa menghasilkan keputusan untuk memperbaiki layanan pada masyarakat.



Simak Video "Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1443 H Jatuh pada 10 Juli 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia