Intip Game Buatan FMIPA dan FSRD ITB Ini, Belajar Matematika di Planet

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 22 Mar 2022 08:00 WIB
Android mobile game ITB Super Aritmatika.
Mobile game ITB Super Aritmatika. Foto: Dok. ITB
Jakarta -

Nggak semangat belajar matematika selama pandemi? Kamu nggak sendirian. Fenomena penurunan motivasi belajar di kalangan pelajar ini ditangkap Kelompok Keahlian di Institut Teknologi Bandung (ITB). Biar semangat lagi, tim ITB meramu game berbasis Android yang seru buat belajar matematika SD.

Game berjudul Super Aritmatika tersebut merupakan hasil kolaborasi Kelompok Keahlian Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) bersama Kelompok Keahlian Komunikasi Visual dan Multimedia Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB.

Dikutip dari laman ITB, game ini mencoba menjawab masalah sulitnya belajar matematika secara daring. Kendala sepanjang pandemi ini, sambungnya, disebabkan beberapa faktor seperti sulitnya materi, media pembelajaran kurang menarik, keterbatasan waktu, dan sulitnya jangkauan guru.

Inovasi ini juga disebut sebagai bentuk pengabdian masyarakat dari ITB. Seperti apa game buatan ITB ini?

Game Android dari ITB

Soal Matematika dengan Petualangan di Tata Surya

Mobile game Super Aritmatika menyajikan persoalan matematika secara tematik dengan tema petualangan menelusuri tata surya. Harapannya, format tematik ini memberi pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa.

Pada awal permainan, siswa SD akan diberi misi untuk menyelamatkan planet-planet dari sergapan alien. Caranya, siswa harus menyelesaikan persoalan matematika yang ada di setiap planet.

Soal-soal di setiap planet berisi materi perkalian dasar dengan konsep penjumlahan berulang. Setiap planet memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Contoh, Planet Merkurius berisi persoalan matematika dengan perkalian satu dan dua. Di Planet Neptunus, siswa akan dihadapkan persoalan matematika campuran 1 sampai 10 dengan batas waktu pengerjaan.

Sesuai Perkembangan Kognitif Siswa SD

Permainan ini sedianya juga dirancang agar sesuai dengan perkembangan kognitif siswa SD. Sebab pada usia SD, para siswa mengalami peralihan antara representasi ikonis dan simbolis.

Karena itu, game ini menampilkan lebih banyak representasi ikonis, yaitu representasi berbasis gambar yang menampilkan objek konkret sebagai alat bantu hitung. Representasi ikonis ini diimbangi dengan represntasi simbolis, yakni bahasa dalam bentuk kode atau simbol matematika.

Game Super Aritmatika versi beta sebelumnya diperkenalkan dan diuji coba pada beberapa siswa SD seperti di kampung Areng dan Lembang, Jawa Barat. Uji coba dan pengenalan digelar lewat komunikasi daring yang berisi paduan untuk mengunduh permainan.

Super Aritmatika direncanakan rilis resmi pada Desember 2022. Siswa SD nantinya bisa mengunduh game Android dari ITB ini secara gratis. Tertarik mencoba, detikers?



Simak Video "Usai Penembakan di Texas, Harry Styles Siap Donasikan Rp 14,5 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia