Rizki Shebubakar, Lulusan ITB yang Muncul di Instagram Anies Baswedan

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 11 Mar 2022 10:30 WIB
Kampus ITB
Kampus ITB. Foto: ITB
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunggah salah satu kepala proyek MRT Jakarta dalam akun Instagramnya. Dia adalah Rizki Shebubakar, seorang lulusan ITB yang kini mengerjakan pengeboran tunnel.

"Namanya Rizki Shebubakar, usianya baru 33 tahun, lulusan S1 Teknik Sipil ITB. Sebagai Kepala Divisi Project Management Construction 2, Shebu bertanggung jawab atas pekerjaan pengeboran tunnel MRT Jakarta Fase 2A CP 201," tulis Anies dilihat detikEdu pada Jumat (11/3/2022).

Rasa bangga pada Shebu dan semua yang bertanggung jawab pada proses tersebut diungkapkan Anies Baswedan. Apalagi proyek ini tergolong canggih dengan kerumitan tinggi. Namun semuanya dikerjakan Shebu dan kawan-kawan yang merupakan hasil pendidikan Indonesia.

Unggahan Anies Baswedan terkait Shebu tentu menarik perhatian warganet. Berikut sekilas profil Rizki Shebubakar dikutip dari akun LinkedIn miliknya

Riwayat pendidikan Rizki Shebubakar

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Sarjana Teknik Sipil: 2007-2012

2. Universite Grenoble Alpes

Master of Business Administration (MBA), Administrasi Bisnis dan Manajemen: 2015-2017

3. Universitas Indonesia

Master Administrasi Bisnis dan Manajemen: 2015 - 2017

Dalam Instagram Anies diceritakan, Shebu bekerja sambil kuliah malam S2 double degree MM & MBA di Universitas Indonesia - IAE Grenoble.

Pengerjaan MRT, layaknya proyek konstruksi lain, menghadapi banyak tantangan. Selain harus kuliah malam, Shebu dan rekan-rekan setimnya harus menghadapi jalur MRT yang banyak melewati cagar budaya.

Salah satu yang dilewati jalur MRT fase dua ini adalah Kota Tua. Shebu dan tim lantas melibatkan arkeolog untuk mendiskusikan proyek MRT, supaya jangan sampai merusak atau mengganggu bangunan bersejarah tersebut.

Kerja sama tersebut akhirnya membuahkan hasil. Tunnel Boring Machine MRT Fase 2A resmi diluncurkan Presiden Joko Widodo pada Kamis (24/2/2022). Dengan capaian ini, keberhasilan lain bisa diraih Shebu dan tim pembangunan MRT lainnya.

"Kita titipkan harapan dan masa depan bangsa pada anak-anak muda ini," tulis Anies Baswedan.

Optimisme ini tentu ada alsannya. Shebu dan reka-rekannya mungkin belum lahir saat MRT direncanakan, diusahakan, hingga digambarkan. Namun justru merekalah yang akhirnya mengerjakan proyek transportasi tersebut.



Simak Video "Pelajar di Garut Jadi Sorotan, Lulus SNMPTN ITB Tapi Terhimpit Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia