8 Komedian yang Jurusannya Beda dengan Karier, Kiky Saputri Kuliah di Mana?

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 10 Mar 2022 20:44 WIB
kiky saputri
Jurusan kuliah komedian Indonesia. Foto: Instagram @kikysaputrii
Jakarta -

Karier yang tidak berkaitan dengan jurusan kuliah tentunya sangat jamak ditemukan. Hal tersebut kerap terjadi di kalangan siapa saja, bahkan pesohor sekalipun.

Beberapa komedian Tanah Air ini misalnya. Mereka pernah menempuh pendidikan dengan bidang yang tidak nyambung dengan profesi yang ditekuninya sekarang. Siapa saja mereka?

Komedian yang Punya Jurusan Kuliah Tidak Nyambung

1. Babe Cabiita

Babe Cabiita atau yang nama aslinya Priya Prayogha Pratama ini adalah pemenang Stand Up Comedy Indonesia musim tiga. Dia dulunya adalah mahasiswa Administrasi Negara Universitas Sumatra Utara (USU). Selain berprofesi sebagai komedian, Babe juga menjadi aktor film komedi, kreator konten, dan brand ambassador.

2. Cak Lontong

Cak Lontong sebenarnya adalah lulusan Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Dia mengawali karier sebagai komedian grup Ludruk Cap Toeoe Surabaya. Cak Lontong mulai dikenal dengan nama bekennya sekarang setelah berada di program televisi Republik BBM, Indonesia Lawak Club, dan menjadi juri Stand Up Comedy Indonesia.

3. Dodit Mulyanto

Jebolan Stand Up Comedy Indonesia musim empat ini awalnya muncul di layar televisi dengan membawakan lawak yang dipadu musik biola. Meski begitu, Dodit sebetulnya adalah mantan mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

4. Raditya Dika

Penulis, komika, aktor, sutradara, dan kreator konten Raditya Dika pernah menempuh dua gelar pendidikan yang semuanya tidak berkaitan dengan pekerjaannya saat ini. Penulis Kambing Jantan tersebut adalah alumnus Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) dan jurusan Finance University of Adelaide Australia.

5. Ernest Prakasa

Masih dari alumnus Stand Up Comedy Indonesia, Ernest Prakasa adalah lulusan jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran (Unpad). Selain menjadi seorang komika, Ernest juga tekun sebagai sutradara, penulis skenario, produser film, dan penulis buku.

6. Pandji Pragiwaksono

Seperti halnya Cak Lontong, Pandji juga lulusan bidang teknik. Dia adalah mantan mahasiswa Desain Produk Industri Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah meniti karier sebagai penyiar radio dan bintang reality show, dia menjadi juri dan pembawa acara Stand Up Comedy Indonesia, kreator, sutradara, penulis, aktor, dan lain sebagainya.

7. Bayu Skak

Komedian, aktor, dan sutradara asal Malang ini adalah mantan siswa SMK Negeri 4 Malang. Kemudian, dia melanjutkan pendidikan tinggi di program studi Game Animasi Universitas Negeri Malang (UM). Selain berbagai video YouTube, sejumlah karya yang pernah dihasilkannya adalah film Yowis Ben dan Lara Ati.

8. Kiky Saputri

Mengutip dari laman Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kiky adalah alumnus prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Saat masih kuliah, dia memiliki panggilan akrab Bocil (bocah cilik). Komedian ini juga dikenal menjadikan berbagai tokoh pejabat dalam materi lawakannya.

Itulah beberapa komedian yang semasa kuliah mengambil jurusan kuliah jauh berbeda dengan profesinya saat ini. Kalian sendiri bagaimana, detikers?



Simak Video "Pelajar di Garut Jadi Sorotan, Lulus SNMPTN ITB Tapi Terhimpit Ekonomi"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia