6 Tokoh dan Artis Lulusan ITB, Ada Presiden hingga Artis

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 28 Jan 2022 16:30 WIB
Presiden Republik Indonesia ke3, BJ Habibie di kediaman kawasan Patra Kuningan, Jakarta, Senin, 27 April 2015. CNN IndonesiaSafir Makki
Foto: dok. detikcom
Jakarta -

Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik yang ada di Indonesia saat ini. Kampus dengan 50 program studi ini masih menjadi favorit bagi calon mahasiswa.

ITB berada di peringkat 3 terbaik lembaga pemeringkatan Internasional QS atau Quacquarelli Symonds World University Ranking (WUR) 2022. Artinya, ITB adalah kampus berkualitas hingga menjadi pilihan calon mahasiswa.

Hal tersebut tentunya tidak bikin heran, karena alumni ITB terbukti punya karir cemerlang. Beberapa figur terkenal di Indonesia pernah mencicipi bangku kuliah di Kampus Ganesha tersebut.

Daftar para tokoh dan artis lulusan ITB

1. Sukarno

Presiden pertama RI melanjutkan pendidikan tinggi di Bandung setelah menyelesaikan studi setingkat SMA-nya di HBS (Hogere Burger School), Surabaya. Dia memilih kuliah di kampus ITB jurusan teknik sipil.

Bung Karno dinyatakan lulus ujian Insinyur dari Ilmu Teknik pada tanggal 26 Mei 1926. Selanjutnya Bapak Proklamator RI itu diwisuda pada Dies Natalis ke-6 TH tanggal 3 Juli 1926.

2. BJ Habibie

Selepas menjadi siswa SMA, Bacharuddin Jusuf Habibie Habibie melanjutkan studi sebagai mahasiswa ITB. Dia mulai kuliah pada 1954 di jurusan teknik mesin.

Presiden ketiga RI menunjukkan banyak ketertarikan pada pesawat terbang dan sempat ikut klub aeromodelling. Setelah dari ITB, Habibie melanjutkan kuliah ke Technische Hochschule di Aachen, Jerman Barat.

3. Hatta Rajasa

Hatta Rajasa seorang alumni Teknik Perminyakan ITB angkatan 1973. Mantan Menteri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia periode 2009-2014 ini juga merupakan penerima gelar kehormatan dari ITB atas kontribusi sebagai putra bangsa.

Politisi ini menerima gelar Doktor Honoris Causa pada 25 November 2019. Penganugrahan ini dihadiri Presiden ke-6 RI Prof Dr Susilo Bambang Yudhoyono yang meraih gelar serupa pada 2016.

4. Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kuliah di Institut Teknologi Bandung dengan jurusan arsitek. Selepas lulus, Ridwan Kamil melanjutkan S2 di University of California, Berkeley, Amerika Serikat.

Ridwan Kamil atau Kang Emil sebelumnya aktif sebagai dosen ITB. Dia memangku jabatan fungsional asisten ahli dengan kelompok keahlian perancangan arsitektur di Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK).

5. Joko Anwar

Sutradara kenamaan Indonesia, Joko Anwar, ternyata pernah kuliah di jurusan Teknik Penerbangan ITB. Dia lulus tahun 2019 dan sempat menjadi wartawan serta kritikus film sebelum menjadi seorang sineas.

Joko Anwar mulai dikenal publik saat karyanya yang berjudul Arisan mendapat sambutan baik masyarakat. Film produksi 200 ini menyabet Best Movie di MTV Indonesia Movie Award dan Film Terbaik di FFI pada 2004.

6. Pandji Pragiwaksono

Dikenal sebagai komika sekaligus penulis, Pandji Pragiwaksono Wongsoyudo ternyata menempuh pendidikan tinggi di jurusan Desain Produk Industri Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kariernya cukup cemerlang di dunia entertainment setelah jadi penyiar radio dan acara reality show, dia menjadi host dan juri Stand Up Comedy Indonesia, komika, aktor, penulis, rapper, kreator siniar, dan sutradara.

Nah, itulah sederet tokoh dan artis Indonesia yang kuliah di ITB. Apakah detikers ingin mengikuti jejak mereka?



Simak Video "Jokowi Sarankan Mahasiswa Kedokteran Juga Belajar Robotik"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia