Ada Lowongan Dai Perbatasan dari Kemenag, Wajib Paham Kitab Kuning

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 10 Mar 2022 17:00 WIB
Gedung Kemenag/Istimewa
Gedung Kementerian Agama (Kemenag), yang membuka lowongan dai perbatasan untuk Ramadhan 2022. (Istimewa)
Jakarta -

Kementerian Agama (Kemenag) menyediakan posisi lowongan kerja sebagai dai perbatasan. Pembukaan melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) berlangsung 7-15 Maret 2022.

Program dai perbatasan dibentuk Kemenag dalam rangka Ramadhan 2022, untuk menciptakan ekosistem masyarakat Islam terluar yang islami dan mampu berdaya berdasarkan kearifan lokal wilayah. Sesuai namanya, peserta yang terpilih akan ditempatkan di wilayah perbatasan.

Untuk program dari perbatasan tahun ini, lokasi kegiatan menyasar di Desa Temajuk dan Desa Kaliau, Kecamatan Paloh, Kalimantan Barat. Selain itu, ditempatkan pula di Desa Sebunga dan Desa Aruk, Kecamatan Sajingan Besar, Kalimantan Barat.

Kriteria dan persyaratannya dapat disimak selengkapnya pada ulasan berikut.

Lowongan Kerja Dai Perbatasan dari Kemenag

Syarat:

  • Pria usia 25-40 tahun
  • Hafalan Al Quran minimal 3 juz
  • Memahami literasi keagamaan (kitab kuning dan kontemporer)
  • Siap ditempatkan selama 1 bulan
  • Siap ditempatkan di daerah pilihan
  • Memiliki sertifikat Bimtek Penceramah Agama Islam yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama atau sertifikat Standarisasi Dai MUI.
  • Lokasi kegiatan berlangsung di Desa Temajuk dan Kaliau, Kecamatan Paloh serta Desa Sebunga dan Aruk, Kecamatan Sajingan Besar, Provinsi Kalimantan Barat.

Nantinya, para dai perbatasan akan ditugaskan untuk melakukan kegiatan bimbingan baca tulis Al Quran, penguatan tauhid, dan kegiatan dakwah selama sebulan di wilayah yang ditempatkan. Untuk fasilitas yang akan didapat bagi dai yang lolos dalam seleksi di antaranya berupa, uang insentif, tiket pulang-pergi ke lokasi, akomodasi, hingga sertifikat.

Dalam proses seleksi administrasi, peserta juga akan diminta untuk menyiapkan sejumlah berkas lamaran seperti, foto kopi KTP (Kartu Tanda Penduduk), pasfoto ukuran 3 x 4, Curriculum Vitae (CV), ijazah pendidikan paling terakhir, hingga sertifikat pelatihan dai. Bagi detikers yang berminat sila kunjungi laman rebrand.ly/Pendaftaran-Dai-Perbatasan untuk pendaftarannya, ya.

Semoga berhasil!



Simak Video "Ada Potensi Beda Waktu Pelaksanaan Idul Adha Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia