SM Entertainment Buat Penelitian Bareng Universitas Top Korea, Teliti Apa?

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 07 Mar 2022 09:00 WIB
SM Entertainment
Gedung SM Entertainment. Foto: Dyah Paramita Saraswati
Jakarta -

Agensi yang menaungi NCT, Red Velvet, Exo, Aespa, Super Junior, dan lain sebagainya SM Entertainment kerja sama dengan Korea Advanced Institute of Science and Technology atau Kaist. Kerja sama SM Entertainment dan universitas top Korea tersebut di bidang penelitian metaverse.

Kaist sendiri merupakan universitas top di Korea di bidang sains dan teknologi. Nantinya mereka akan mengembangkan penelitian di bidang kecerdasan buatan (AI), robotik, dan teknologi budaya. Mereka juga akan membuat digital avatars.

"Saya harap kerja sama SM dan Kaist akan membuahkan hasil yang bermanfaat yang berkontribusi pada pertumbuhan industri teknologi hiburan dan rekayasa,"ujar rektor Kaist Lee Kwang Hyung yang dilansir dari laman Korea Times.

"Sejak berdirinya SM pada tahun 1989, motto saya selalu, 'budaya dulu, ekonomi berikutnya'. Saya telah berusaha menjadikan hallyu (gelombang Korea) sebagai fenomena global yang terus-menerus yang dapat membantu mengumpulkan kekayaan nasional," kata pendiri SM Entertainment, Lee Soo Man.

Soo Man juga mengatakan masa depan Kpop akan berpusat pada selebriti dan robot.

"Saya percaya avatar digital telah mengantarkan era robot. Dalam kasus SM, kami telah memulai debut aespa tahun lalu," cerita Soo Man.

Sooman juga berharap dapat menciptakan dunia SM dengan model yang berbeda-beda seperti kartun, animasi, webtoon, motion graphics, avatar, dan novel.

"Budaya dan ilmu pengetahuan harus gabung dalam menciptakan konten di luar imajinasi kita. Saya percaya produser musik di masa depan harus menjadi ilmuwan budaya. Saya juga berharap melihat pencipta dari SM dan Kaist," ujar Soo Man.

Mengenal Kaist

Melansir laman Top Universities, Kaist merupakan universitas yang didirikan pada tahun 1971. Kaist dinobatkan sebagai universitas terbaik dan universitas terinovatif di wilayah Asia Pasifik.

Salah satu proyek penelitiannya yang menonjol dalam beberapa tahun terakhir melihat para peneliti mengembangkan sistem transportasi listrik, di mana kendaraan mendapatkan daya dari kabel di bawah jalan melalui pengisian daya magnetik non-kontak.

Kaist memang berfokus pada sains, teknik, dan teknologi, namun universitas ini juga memiliki nilai baik dalam ekonomi. Kaist berlokasi di Daedeok Science Town, kota Daejon, 150 KM dari kota Seoul.

Ranking Universitas di QS WUR

1. Urutan ke 41 universitas terbaik di dunia

2. Urutan ke 16 kategori subjek terbaik

3. Urutan ke 14 universitas terbaik di Asia

Beasiswa di Kaist

1. Global Korea Scholarship untuk jenjang S2 dan S3

2. Beasiswa universitas untuk jenjang S1, S2, dan S3

Selengkapnya untuk beasiswa di Kaist dapat diakses di SINI.



Simak Video "Uji Coba Kedua Peluncuran Roket Luar Angkasa Korea Selatan Berhasil"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia