5 Universitas Terbaik di Korea Selatan, Ada Kampusnya Song Joong Ki

Tim detikcom - detikEdu
Minggu, 06 Feb 2022 09:00 WIB
Song Joong Ki dalam drama Korea Vincenzo
Foto: Dok. tvN
Jakarta -

Dunia pendidikan Korea Selatan kini tak kalah bersinar dibanding hiburannya yang mendunia. Hasil Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 menempatkan Negeri Ginseng ini pada peringkat ke-7.

Perolehan skor pada kompetensi Literasi, Matematika, dan Sains masing-masing yaitu 514, 526, dan 519. Sementara peringkat PISA Indonesia yang berada di posisi ke-74.

Bila kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke Negeri Ginseng, ada lima universitas terbaik yang versi Times Higher Education (THE) World University Rankings tahun 2022 yang dikutip dari platform pendidikan berbasis teknologi, Zenius.

  • Seoul National University (SNU)

Pecinta K-Drama mungkin sudah tidak asing dengan universitas yang satu ini. SNU adalah universitas paling bergengsi dan dengan tingkat persaingan yang sangat ketat. Sesuai dengan namanya, universitas ini terletak di ibu kota Korea Selatan, Seoul.

Universitas yang menduduki peringkat ke-54 World University Rankings 2022 versi THE ini memiliki 27 kampus dan sekolah. Ada lebih dari 30 ribu mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di kampus bergengsi ini. Mahasiswa-mahasiswa ini dididik hampir 1.600 guru besar.

SNU punya komitmen yang tinggi dalam hal riset terutama dalam bidang teknik dan ilmu alam. Penelitian dari bidang ini menempati 20 besar dalam hal publikasi dan kutipan dari Scientific Citation Index (SCI). Sejajar dengan universitas top di Amerika Serikat.

  • Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)

KAIST merupakan salah satu perguruan tinggi yang berada dalam 100 terbaik dunia versi THE WUR 2022. KAIST menjadi universitas pertama yang berfokus pada sains dan teknologi, alasan pendiriannya disebutkan sebagai "pengakuan atas kebutuhan bangsa akan sumber daya manusia elit dalam sains dan teknologi".

Menariknya, kampus yang berdiri pada 1971 ini menerapkan sistem penerimaan tanpa tes, melainkan berdasarkan nilai, surat rekomendasi dari guru, dan pernyataan pribadi. Dan kamu tidak perlu khawatir, karena lebih dari 80 persen kelas di KAIST dibawakan dalam bahasa Inggris.

KAIST ini merupakan universitas prestisius yang sudah menghasilkan para ilmuwan hebat di bidang teknologi. Kamu pasti pernah memakai aplikasi chatting Line kan? Nah aplikasi ini didirikan alumnus KAIST, Hae-jin Lee lewat perusahaan teknologi terbesar Korea, Naver.

Buat pelajar internasional termasuk Indonesia, setiap tahun KAIST menyediakan beasiswa dengan gratis biaya kuliah selama 8 semester. Penerima beasiswa juga dapat tunjangan biaya hidup sebesar USD 300 per bulan dan biaya asuransi kesehatan. Menarik bukan kuliah di kampus ini?

  • Sungkyunkwan University (SKKU)

SKKU merupakan salah satu universitas tertua di Asia. Didirikan pada awal Dinasti Joseon pada tahun 1398 sebagai lembaga pendidikan nasional tertinggi pada tahun-tahun awal Dinasti Joseon di Korea.

SKKU menjadi universitas pertama di Korea Selatan yang menawarkan kelas MBA dalam Bahasa Inggris secara penuh. Universitas terbaik ketiga ini terbagi menjadi dua kampus, kampus di Seoul untuk Ilmu Sosial dan Humaniora, sedangkan kampus di Suwon untuk Ilmu Sains.

SKKU telah menghasilkan banyak alumni yang terkenal, seperti Song Joong Ki, Cha Eun Woo, dan Krystal Jung.

  • Yonsei University (Kampus Seoul)

Universitas Yonsei merupakan universitas kristen swasta yang berlokasi di Seoul, Wonju, dan Songdo. Universitas Yonsei tergabung dalam SKY Universities, yaitu julukan bagi tiga universitas paling bergengsi di Korea Selatan bersama SNU dan Korea University.

Banyaknya mahasiswa yang berasal dari berbagai negara membuat Yonsei mengadakan tiga program khusus yang bisa dipilih oleh para mahasiswa internasional, yaitu Yonsei International Summer School, Winter Abroad at Yonsei, dan Study Abroad at Yonsei.

Selain itu, terdapat lebih dari 100 klub bagi mahasiswa, atau di Indonesia disebut dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Salah satu tokoh terkenal yang merupakan lulusan dari universitas ini adalah Park Jin Young, pendiri JYP Entertainment.

  • Ulsan National Institute of Science and Technology (UNIST)

UNIST merupakan salah satu universitas yang terbilang sangat muda, karena baru diresmikan pada tahun 2019. UNIST terletak di Ulsan, yaitu pusat industri Korea Selatan.

Penelitian yang dilakukan oleh UNIST berfokus pada kemajuan sains dan teknologi. Kelas terbanyak yang dimiliki universitas ini adalah teknik, fisika, matematika, ilmu komputer, dan kelas sains lainnya.

Uniknya, seluruh kelas dibawakan dalam Bahasa Inggris, sehingga UNIST adalah satu-satunya universitas yang menerapkan Bahasa Inggris secara penuh dalam perkuliahannya.

Nah, dari kelima universitas di atas, mana yang menjadi incaranmu? Namun kamu harus ingat, persaingan masuk dalam lima universitas terbaik di Korea Selatan ini pastinya sangat ketat. Karena itu jangan lupa mempersiapkan diri dengan baik.



Simak Video "Uji Coba Kedua Peluncuran Roket Luar Angkasa Korea Selatan Berhasil"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia