5 Ide Bisnis Kekinian Modal Minim untuk Mahasiswa, Bisa Asah Skill Karier!

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 03 Jan 2022 10:00 WIB
Mega Gumelar Fotografer Profesional sekaligus Top TikTok Content Creator. Ia adalah fotografer yang berbasis di Bali dan memiliki 101,2 ribu pengikut di TikTok. Jika awalnya ia hanya terkenal di Bali dengan klien bule, kini kliennya tersebar luas di seluruh Indonesia.
Foto: Instagram/@megaieo
Jakarta -

Kini, mahasiswa pun bisa berbisnis tanpa harus mengeluarkan modal bejibun. Ada banyak usaha yang bisa dilakukan dengan hanya bermodalkan gadget.

Merintis usaha sedari dini juga bermanfaat untuk mengasah keterampilan profesional sebelum nanti benar-benar terjun ke dunia kerja. Seperti disebutkan dalam portal Binus University, berikut ini beberapa ide bisnis kekinian yang dapat dilakukan mahasiswa dengan modal yang minim, tapi tetap datangkan cuan!

5 Ide Bisnis Kekinian untuk Mahasiswa

1. Social Media Management

Bagi kalian yang tertarik untuk menggeluti dunia marketing, bisa mulai mencicil usaha di bidang social media management lho. Apalagi, kini pemasaran bisnis juga telah beralih ke internet.

Kalian bisa mencoba peluang sebagai social media manager karena banyak pelaku usaha yang sebetulnya tidak punya cukup waktu untuk mengelola akun bisnis mereka.

Dalam menjalankan bisnis ini, kalian bertugas membangun eksposur brand kepada publik, membuat konten dan membagikannya, serta berinteraksi dengan penganut akun media sosial.

2. Fotografi

Tak perlu punya kamera untuk bisa menjadikan bisnis fotografi sebagai pekerjaan sampingan. Kalian bisa menjual hasil jepretan menggunakan ponsel ke microstock seperti Pixabay, ShutterStock, dan lain sebagainya.

Setiap kali ada orang yang mengunduh jepretanmu, maka kalian akan mendapatkan komisi. Tetapi, kalian juga bisa memasarkan jasa sebagai fotografer untuk orang-orang yang membutuhkannya lho.

3. Video Production

Masih berhubungan dengan marketing, kalian dapat memulai bisnis sebagai video editor apabila menyukai shooting dan editing video. Apalagi, dengan mencoba menjajal bisnis ini, kalian sekaligus bisa mengasah keterampilan untuk nantinya digunakan saat sudah bekerja.

4. Kuliner Take Away dan Delivery

Sekarang ini, kita tidak harus memiliki tempat untuk bisa berjualan makanan. Terlebih, kini banyak orang yang gemar memesan makanan melalui jasa pesan antar. Jadi, bagi mahasiswa seperti kalian yang hobi memasak, bisa mencoba bisnis kuliner tanpa harus menyediakan tempat, kan?

5. Les Privat

Pandemi COVID-19 telah menuntut orang tua untuk bisa menemani atau bahkan mengajari anaknya belajar. Sayangnya, tidak semua orang tua memiliki kapasitas-kapasitas yang mendukung peran ini.

Nah, mahasiswa bisa banget lho, menawarkan jasa les untuk para siswa sekolah. Kalian juga bisa membentuk tim pengajar beserta teman-teman agar jangkauan mata pelajaran yang diajarkan bisa lebih luas.

Inilah sederet ide bisnis kekinian yang modalnya minim, datangkan cuan, dan bisa sekalian mengasah keterampilan profesional. Mau coba yang mana nih, detikers?



Simak Video "Mahasiswa Geruduk DPR RI Protes Harga Sembako-Gaji Guru"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia