5 Seleb Hollywood Ini Ternyata Jago Ngoding, Siapa yang Mau Berguru?

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 20 Feb 2022 08:00 WIB
PARIS, FRANCE - JANUARY 21: Karlie Kloss attends the Christian Dior Haute Couture Spring Summer 2019 show as part of Paris Fashion Week on January 21, 2019 in Paris, France. (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images)
Karlie Kloss, selebriti hollywood yang jago ngoding. (Foto: Pascal Le Segretain/Getty Images)
Jakarta -

Coding merupakan salah satu bagian yang dipelajari dalam ilmu komputer. Untuk mempelajari coding dibutuhkan kesabaran, konsentrasi, dan juga ketekunan.

Coding memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu mengembangkan pola pikir untuk memecahkan sebuah masalah. Dalam memecahkan sebuah masalah di coding harus mencari langkah-langkah logis agar dapat membuat sebuah program komputer yang bekerja dengan tepat.

Tapi, tahukah kamu jika ada sejumlah selebriti Hollywood yang ternyata menguasai ilmu coding ini. Siapa saja kira-kira ya? Simak penjelasan berikut yang dikutip dari laman Best College dan Stiki Indonesia.

5 seleb hollywood yang jago ngoding

1. Asthon Kutcher

Asthon Kutcher pernah memerankan sosok pendiri Apple Steve Jobs dalam film Jobs di tahun 2013. Selaras dengan perannya, ternyata Kutcher juga pandai dalam bidang komputer.

Kutcher belajar teknik biokimia di University of Iowa, walaupun tidak tamat berkuliah. Tetapi Kutcher memiliki kemampuan mengesankan dalam coding.

Kutcher mendirikan Code.org dan Hour of Code yang bertujuan untuk membantu anak-anak belajar coding. Kutcher juga dikenal sebagai investor teknologi. Ia diketahui pernah berinvestasi di Uber dan Airbnb.

2. Chris Bosh

Mantan pemain basket NBA star Chrish Bosh ternyata juga jago coding. Ketertarikan Bosh pada coding dimulai ketika dia menulis opininya di media Wired dengan judul Mengapa Harus Belajar Kode.

Dia menulis tentang masa kecilnya di tahun 1990-an, mengingat ibunya menjalankan bisnis bernama Computer Help dan kemudian bekerja untuk Texas Instruments. Bosh kemudian mendorong anak-anak agar mendalami coding melalui Code.org, menekankan betapa berharganya keterampilan itu.

3. Karlie Kloss

Sebelum menjadi model terkenal di Victoria's Secret Angel, Karlie Kloss merupakan seorang pelajar yang menyukai Matematika dan IPA. Ketika berusia 20 tahun dia kembali mempelajari coding.

"Saya paham mengapa coding harus dipelajari oleh setiap perempuan muda karena menurut saya perempuan dalam dunia coding sangatlah jarang," ujar Kloss yang dikutip dalam Teen Vogue.

Kloss kemudian mengeluarkan inisiasi dengan mendirikan Kode With Klossy pada tahun 2015. Kode With Klossy ini adalah sebuah bootcamp coding untuk siswa perempuan dan non-biner berusia 13-18 tahun.

Bootcamp ini bersifat gratis dan membantu mencapai visi Kloss untuk membuat pendidikan coding dapat diakses oleh mereka yang kurang mengakses teknologi.

4. Jimmy Fallon

Host dari acara Late Night with Jimmy Fallon, Jimmy Fallon ternyata merupakan seorang lulusan dari The College of Saint Rose in Albany, New York. Di kampus itu, Fallon mempelajari ilmu komputer tepatnya pada programming.

Walaupun ia tidak menamatkan kuliahnya, Fallon diberi gelar kehormatan dari kampusnya 15 tahun kemudian. Sebelum terjun ke jalur entertainment, Jimmy sempat berpikir untuk mengikuti karier ayahnya yang bekerja di IBM (International business machines corporation), sebuah perusahaan di AS yang berfokus pada perangkat keras dan lunak komputer.

5. Will.i.am

Anggota dari grup Black Eyed Peas sekaligus pencipta lagu dan rapper Will.i.am adalah juga selebriti yang jago ngoding. Will terus aktif mempelajari coding.

Sebelumnya ia pernah bekerja dengan Intel dan menghasilkan inovasi di bidang teknologi. Will juga pernah meluncurkan smartwatch dan aksesoris kamera untuk iPhone. Will juga menjadi penyokong situs code.org.

6. Liam Neeson

Aktor asal Irlandia yang sering membintangi film laga ini ternyata memiliki kemampuan dalam ngoding. Ia juga merupakan mahasiswa jurusan ilmu komputer dan fisika di Universitas Queen, Belfast. Walaupun ia tidak menamatkan studinya karena faktor ekonomi, Liam tetap menjadi salah satu aktor yang melek teknologi.

Nah itulah daftar selebriti Hollywood yang jago coding. Ada idola kalian gak, detikers?



Simak Video "Cara Unik Lindungi Anak Penyu dari Ancaman Burung Camar"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/rah)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia