Daebak! 10 Kpop Idol Ini Ambil Jurusan Tak Biasa dan Berhasil Jadi Sarjana

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 09 Des 2021 09:30 WIB
Konser online DAY6 Even of Day.
Foto: dok. OSEN
Jakarta -

Pada saat memilih jurusan kuliah, idol kpop biasanya mengambil jurusan seperti teater, musik terapan, film dan broadcasting, dan jurusan lain yang sesuai dengan karier mereka.

Namun 10 idol kpop ini berbeda, mereka mengambil jurusan-jurusan di luar bidang seni. Siapa saja mereka?

Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari laman The Smart Local:

1. Heechul Super Junior - Ilmu Komputer

HeechulHeechul Foto: SM Entertainment.

Heechul berkuliah di Universitas Sangji dan lulus tahun 2008. Ia mengambil jurusan ilmu komputer. Dia belajar bagaimana menerjemahkan data yang diperoleh menggunakan pengetahuan komputer. Data yang terkumpul akan dianalisis, dan mahasiswa akan meramalkan hal-hal potensial yang mungkin terjadi pada lingkungan dan orang-orang yang tinggal di dalamnya.

2. Sojin Girls Day - Teknik Mesin

Sojin 'Girl's Day'Sojin 'Girl's Day' Foto: Istimewa

Sojin belajar di Yeungnam University dan mengambil jurusan teknik mesin. Di teknik mesin Sojin belajar tentang prinsip, design, produksi, dan kinerja berbagai perangkat berdasarkan konsep fisiknya. Implementasi dari teknik mesin nantinya dapat berguna dan diterapkan di semua bidang teknik.

3. Taecyeon 2 PM - Administrasi Bisnis

Taecyeon belajar di Dankook University. Dia lulus pada tahun 2012. Ia mengambil jurusan adminstrasi bisnis. Dari jurusan tersebut ia belajar mengenai manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, dan perilaku konsumen.

4. Minzy 2NE1 - Theology

minzy eks 2ne1minzy eks 2ne1 Foto: Istimewa

Minzy verkuliah di Baeksek University dan mengambil jurusan theology. Ia belajar tentang alkitab yang mencakup tentang sejarah gereja Kristen dan cara mempraktikkan teologi.

5. Hyerim Wonder Girls - Interpretasi

Hyerim berkuliah di Hankook University dan mengambil jurusan intepretasi. Jurusan Hyerim berada di bawah Departemen Bahasa Inggris untuk Konferensi dan Komunikasi Internasional (EICC).

Selama masa studinya, ia mengikuti kurikulum yang menyentuh modul-modul seperti interpretasi untuk acara resmi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Organisasi Kesehatan Dunia, komunikasi global untuk abad ke-21, dan interpretasi lintas budaya.

6. Lee Sem mantan Nine Muses - Global Public Administration

Lee Sem berkuliah di Yonsei University, satu dari tiga universitas top di Korea. Ia mengambil jurusan administrasi public global.

Di jurusan tersebut menawarkan dua peminatan yaitu pengembangan internasional atau jalur administrasi umum.

7. Inseong SF9 - Komunikasi

Inseong juga dikenal sebagai idol kpop https://www.detik.com/tag/idol-kpop yang cerdas. Ia berhasil mendapatkan skor 935/990 untuk tes TOEICnya. Sebelum debut di SF9, Inseong telah menjadi sarjana komunikasi di Kyunghee University dan mengambil jurusan komunikasi.

Di jurusan ini terdapat dua peminatan yaitu jurnalisme dan komunikasi atau komunikasi visual dan informasi.

8. Young K Day6 - Administrasi Bisnis

Young-K DAY6Young-K DAY6 Foto: ist

Young K merupakan penyanyi dan juga produser. Pada tahun 2018 ia berhasil lulus dari Dongguk University dengan jurusan administrasi bisnis. Walaupun sibuk ia tidak pernah melewatkan ujian di kuliah dan tetap mendapatkan nilai yang baik.

9. Jae Kyung Rainbow - Fashion Design

Jaekyung RainbowJaekyung Rainbow Foto: dok Instagram _kimjaekyung_

Jae kyung belajar di Dongduk Women's University dan mengambil jurusan fashion design. Di jurusan tersebut ia belajar riset busana, membuat pola, dan marketing busana.

10. Miryo Brown Eyed Girls - Periklanan

Miryo belajar di Chung Ang University dan mengambil jurusan periklanan. Di jurusan tersebut ia belajar periklanan, marketing komunikasi, dan brand communication campaign.

Itulah deretan idol kpop yang mengambil jurusan tak biasa. Kira-kira detikers berminat kuliah di jurusan tersebut?



Simak Video "Seunghoon 'WINNER' Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia