Tips Belajar dari Maudy Ayunda hingga RM BTS, Bisa Ditiru Nih!

Anatasia Anjani - detikEdu
Minggu, 20 Feb 2022 09:00 WIB
Maudy Ayunda
Maudy Ayunda (tengah) dan orang tuanya, momen kelulusan jenjang S2 di Stanford University beberapa waktu lalu. (Instagram Maudy Ayunda)
Jakarta -

Memiliki idola atau publik figur tidak hanya untuk hiburan semata, mereka juga dapat dijadikan sebagai motivasi dan penyemangat dalam belajar. Ada beberapa public figure yang memiliki prestasi yang gemilang di bidang akademik, diantaranya adalah Jerome Polin, Isyana Sarasvati, Maudy Ayunda, Iqbaal Ramadhan, dan sebagainya.

Nah bagi detikers yang masih bingung bagaimana metode belajar yang tepat, berikut ada tips belajar dari para publik figur.

Penjelasan di bawah ini dikutip dari akun Instagram Kobie Education dan sumber lainnya.

Tips belajar ala beragam para publik figur

1. Maudy Ayunda

Aktris dan penyanyi Maudy Ayunda berhasil lulus dari program magister joint-degree administrasi bisnis dan pendidikan di Stanford University, Amerika Serikat dengan beasiswa LPDP. Sebagai informasi, Stanford University merupakan universitas terbaik dunia peringkat 3 versi QS World University Rankings 2022.

Tips Maudy dalam belajar yaitu tidak menghafal. Maudy menekankan agar lebih memahami konsep dan inti materinya. Menurut Maudy jika menghafal namun tidak mengerti poinnya akan tetap mengulang materi karena tidak memahami konsep dengan baik.

2. Jerome Polin

Jerome Polin mengambil jurusan Matematika Terapan di Waseda University, Jepang. Ia berhasil mendapatkan beasiswa Mitsui Busan.

Tips belajar Jerome yaitu dengan metode belajar 50:10. Artinya 50 menit belajar dan berhenti selama 10 menit untuk istirahat. Menurut Jerome jika belajar dalam jangka waktu panjang tidak akan terserap dengan baik oleh otak.

3. Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati merupakan seorang penyanyi asal Indonesia yang mendapatkan beasiswa di Nanyang Academy of Fine Arts, Singapura, dan Royal College of Musik, Inggris.

Isyana bercerita dalam belajar ia menetapkan prinsip belajar 10 ribu. Maksudnya agar menjadi seorang yang ahli harus belajar selama 10 ribu jam.

Ia mengaku orang tuanya menanamkan prinsip ini jika ingin berhasil meraih impian. Untuk itu ia giat berlatih hingga lebih dari 10 ribu jam.

4. Iqbaal Ramadhan

Setelah melakukan pertukaran pelajar di Amerika semasa SMA-nya, Iqbaal Ramadhan kini melanjutkan kuliah di Monash University jurusan Media and Communication.

Tips belajar yang ia terapkan yaitu berkonsentrasi belajar saat kelas berlangsung. Menurut Iqbaal ketika di kelas, ia rajin mencatat pelajaran dan bertanya. Ia mengatakan jangan sampai ketika keluar kelas masih ada yang belum mengeri.

5. Namjoon BTS

Kim Namjoon merupakan leader atau pemimpin dari boy group BTS. Ia sangat fasih berbahasa Inggris walaupun tidak bersekolah di luar negeri. Melalui akun Youtube Ellen Show, Namjoon mengaku belajar bahasa Inggris dilakukan dengan menonton serial Hollywood Friends.

Namjoon bercerita ia telah menamatkan seluruh serial Friends karena hal itulah ia lancar berbahasa Inggris.

6. Ten NCT

Ten atau bernama lengkap Chittaphon Leechaiyapornkul merupakan anggota dari boy group WayV dan NCT. Ten sendiri dikenal sebagai seorang polyglot karena dapat menguasai beberapa bahasa seperti Inggris, Mandarin, Korea, dan Jepang.

Melalui siaran Vlivenya pada Rabu (27/2/2019) Ten mengaku belajar bahasa Mandarin selama dua bulan agar dapat debut di group WayV. Ia bercerita rekan sesama grupnyalah yaitu Hendery yang mengajarkan dirinya berbahasa Mandarin.

7. Lisa Blackpink

Lalisa Manoban atau yang akrab disapa Lisa merupakan member dari anggota girl group Blackpink. Lisa tiba di Korea Selatan ketika berusia 14 tahun. Saat datang ke Korea dirinya tak bisa berbahasa Korea.

Namun setelah belajar selama satu tahun, ia menjadi lancar berbahasa Korea. Rahasianya ia terus berbicara bahasa Korea saat bersama gurunya walaupun tidak lancar.

Melansir dari Rolling Stone, menurut Lisa tips lancar berbahasa asing adalah mempraktikkannya sesering mungkin karena itu bagian dari proses belajar.

8. Emma Watson

Emma Watson dikenal publik berkat perannya dalam film Harry Potter sebagai Hermione Granger. Berkat perannya tersebutlah, Emma tumbuh menjadi seseorang yang rajin belajar.

Emma aktif menyuarakan isu-isu sosial. Ia mengaku cara belajarnya rajin membaca buku seperti yang dilakukan oleh Hermione.

Nah itulah tips belajar dari beberapa publik figur yang menginspirasi. Kalian bisa menerapkan sesuai kecocokan ya, detikers!



Simak Video "Fleksibilitas Universitas Terbuka Membawa Mahasiswanya Berprestasi"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia