4 Tips Menguasai 8 Bahasa dari Lulusan Terbaik UMM, Bisa Kamu Coba Nih!

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 27 Jan 2022 08:00 WIB
Daffa Mahasiswa UMM
Foto: UMM
Jakarta -

Mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Daffa Indra Wardhana berhasil menjadi lulusan terbaik. Ia berhasil mendapatkan IPK hampir sempurna yaitu 3,99.

Menariknya, lulusan terbaik itu juga menguasai 8 bahasa diantaranya lima bahasa asing dan tiga bahasa daerah. Bahasa asing yang dikuasainya adalah Jepang, Korea, Mandarin, Prancis, dan Jerman.

"Untuk bahasa Perancis dan bahasa Jerman, saat ini sedang proses belajar," ujar Daffa yang dikutip dari laman UMM.

Sementara itu untuk bahasa daerah yang dikuasainya adalah bahasa Jawa, Banjar, dan Sunda. Mahasiswa asal Blitar itu mengaku sudah tertarik mempelajari bahasa sejak duduk di bangku sekolah dasar (SD).

Bagaimana tips dari lulusan terbaik UMM tersebut untuk mempelajari banyak bahasa? Ini penjelasannya:

Tips Belajar Bahasa

1. Mendengarkan Orang Mengobrol

Menurut Daffa tips pertama yang ia lakukan adalah mendengarkan orang bercerita. Dengan itu, ia bisa mengetahui banyak aksen yang berbeda-beda.

"Saya memang senang mendengar orang bercerita. Saya suka menyimak aksen orang yang berbeda-beda, di samping cerita-cerita yang mereka sampaikan. Dari cerita-cerita itu, saya bisa lebih memahami orang lain dan juga memaknai hidup," kata Daffa.

2. Hobi Naik Transportasi Umum

Daffa mengaku saat berkuliah ia gemar naik transportasi umum. Menurutnya dari hal itu, ia dapat mengenal berbagai macam orang.

"Zaman awal kuliah, saya suka naik bis untuk pulang ke rumah. Di sana yang jadi kenal berbagai macam orang, dari yang dosen, pegawai, dan juga orang yang punya bisnis besar. Itu sangat menginspirasi saya," ujar Daffa.

3. Membiasakan Diri

Teknik untuk menguasai bahasa selanjutnya adalah membiasakan diri dengan bahasa sasaran. Ia melakukan itu dengan menonton film dan tv series.

"Dalam belajar bahasa, saya hanya membiasakan diri. Saya menonton film dan tv-series. Saya juga suka menyanyi dalam berbagai bahasa itu. Dengan begitu, saya menjadi terbiasa dan bisa berkomunikasi menggunakan bahasa itu. Itu kuncinya," kata Daffa.

4. Konsisten Belajar

Belajar bahasa asing tentu saja memiliki tantangan. Menurut Daffa tantangan terbesarnya adalah banyak bahasa asing yang tidak menggunakan sistem alfabet seperti bahasa Jepang, bahasa Korea, dan bahasa Mandarin.

Akan tetapi ia tak patah semangat, menurutnya menguasai bahasa asing dapat menjadi nilai tambah untuk melanjutkan studi di luar negeri.

"Mempunyai penguasaan bahasa asing sebetulnya bisa membuat kita punya privilege untuk bisa mendapat beasiswa luar negeri. Itu juga yang memacu semangat saya untuk terus belajar," kata lulusan terbaik UMM tersebut.



Simak Video "Momen Prilly Latuconsina Jadi Lulusan Terbaik saat Wisuda"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia