Pendaftaran Taruna Akmil 2022 Dibuka, Lulusan SMA Merapat!

Kristina - detikEdu
Jumat, 21 Jan 2022 12:30 WIB
Penerima penghargaan Adhi Makayasa diraih Sermatutar Fajar Muhammad Al Farouk dan Anindya Wiratawan Sermtutar Dewi Okta Pusparini di Akmil Magelang, (8/7/2019).
Foto: Eko Susanto/detikcom
Jakarta -

Pendaftaran TNI AD untuk Taruna Akmil 2022 sudah dibuka. Rekrutmen ini dapat diikuti oleh lulusan SMA/MA tahun 2018-2022.

Informasi penerimaan anggota tersebut disampaikan dalam situs resmi rekrutmen TNI AD. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman http://ad.rekrutmen-tni.mil.id/ mulai tanggal 1 Januari 2022 sampai dengan 16 Mei 2022 mendatang.

"TELAH DIBUKA KEMBALI! PENDAFTARAN TARUNA AKADEMI MILITER TA 2022 DAFTARKAN DIRIMU SEGERA!!," demikian bunyi pengumuman tersebut, seperti dilihat Jumat (21/1/2022).

Proses rekrutmen Taruna Akmil atau Taruna Akademi Militer ini terdiri dari tiga materi seleksi, yakni pengecekan awal, Uji Panda, dan Uji Pusat. Pengecekan awal terdiri dari administrasi, kesehatan 1, jasmani (lari 12 menit, pull up, renang 50 m, dan pemeriksaan postur tubuh), dan parade.

Sedangkan Uji Panda meliputi administrasi, kesehatan 2, uji jasmani, litpers, psikologi, akademik, dan sidang Panda. Sementara itu, pada Uji Pusat nanti calon taruna akan mengikuti seleksi administrasi, kesehatan 3, jasmani, litpers, psikologi 2 (lapangan), dan sidang Panpus.

Syarat Pendaftaran

Persyaratan Umum

1. Warga Negara Indonesia;

2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945;

4. Berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama tanggal 1 Agustus 2022;

5. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia (dilengkapi pada saat calon mengikuti pemeriksaan psikologi);

6. Sehat jasmani dan rohani ; dan

7. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Persyaratan Lain

1. Laki-laki, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI.

2. Berijazah minimal SMA/MA dengan ketentuan nilai UAN sebagai berikut:

- Lulusan SMA/MA tahun 2018, program IPA dan IPS, dengan nilai ujian nasional rata-rata minimal 46,00;

- Lulusan SMA/MA tahun 2019, program IPA dengan nilai ujian nasional rata-rata minimal 47,50 dan IPS dengan nilai ujian nasional rata-rata minimal 42,00;

- Lulusan SMA/MA tahun 2020,

  • Program IPA nilai rata-rata raport semester I s.d VI terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika minimal 70 dan tidak ada nilai di bawah 60.
  • Program IPA nilai rata-rata raport semester I s.d VI terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi, Sosiologi dan Ekonomi minimal 75 dan tidak ada nilai di bawah 60

- Lulusan SMA/MA tahun 2021, program IPA dan IPS nilai rata-rata raport dati kelas X s.d. XII terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika minimal 75 dan tidak ada nilai dibawah 65; dan

- Lulusan SMA/MA tahun 2022, program IPA dan IPS nilai rata-rata minimal UAN akan ditentukan kemudian.

3. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

4. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama sampai dengan 1 (satu) tahun setelah selesai pendidikan pertama.

5. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun.

6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

7. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi administrasi, kesehatan, jasmani, litpers, psikologi dan akademik.

Selanjutnya Persyaratan Tambahan dan Cara Pendaftaran TNI AD>>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia