Pendaftaran TNI AD 2022 Tamtama & Bintara Dibuka, Lulusan SMP-SMA Gas Daftar!

Kristina - detikEdu
Rabu, 12 Jan 2022 20:30 WIB
Prajurit TNI AD berjalan usai penerjunan bersama dengan Tentara Amerika (US Army) saat Latihan Bersama Garuda Shield ke 15/2021 di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI AD di Martapura, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, Rabu (4/8/2021). Latihan penerjunan Garuda Airbone diikuti oleh penerjun dari Tentara Amerika (US Army) sebanyak 478 penerjun dan 91 penerjun dari TNI AD dengan menggunakan sembilan pesawat C-17 Globe Master yang terbang dari Guam, Amerika Serikat. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.
Ilustrasi TNI AD. Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Jakarta -

Pendaftaran TNI AD 2022 untuk tamtama dan bintara gelombang I sudah dibuka. Rekrutmen ini dapat diikuti oleh lulusan SMP hingga SMA/SMK dan sederajat.

Informasi penerimaan anggota tersebut disampaikan dalam situs resmi rekrutmen TNI AD. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman http://ad.rekrutmen-tni.mil.id/ mulai tanggal 1 Januari 2022.

"Telah dibuka! Pendaftaran Tamtama PK TNI AD Gel. I TA 2022 (mulai tgl 1 Jan 2022). Segera daftarkan diri anda. Negara dan bangsa menunggu darma baktimu," demikian bunyi pengumuman tersebut, seperti dilihat Rabu (12/1/2022). Narasi serupa juga disampaikan untuk penerimaan Bintara.

A. Syarat pendaftaran tamtama

Berikut syarat pendaftaran Tamtama bagi lulusan SMP dan sederajat:

1. Pria, bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI.

2. Untuk sumber Umum/Reguler serendah-rendahnya berijazah/lulusan SMP/sederajat atau yang setara baik negeri atau swasta yang terakreditasi serta tambahan untuk sumber santri calon merupakan santri lulusan pondok pesantren dan untuk lintas agama disampaikan pada daftar ulang/validasi.

3. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm, serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

4. Berumur sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan pertama tanggal 6 Mei 2022 untuk Cata gelombang I dan 25 November 2022 untuk Cata gelombang II.

5. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam mengikuti pendidikan pertama sampai dengan 2 (dua) tahun setelah selesai pendidikan pertama.

6. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 (sepuluh) tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi prajurit TNI AD.

7. Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

8. Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi Administrasi, Kesehatan, Jasmani, Mental ideologi, dan Psikologi.

9. Memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) aktif.

B. Syarat pendaftaran bintara

Berikut persyaratan pendaftaran Bintara bagi lulusan SMA/MA/SMK dan sederajat:

Persyaratan Umum:

1. Warga negara Indonesia.

2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945.

4. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia.

5. Sehat jasmani dan rohani serta tidak berkacamata.

6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Selanjutnya Persyaratan Khusus dan Cara Pendaftaran

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia