Siswa, Ini 4 Cara Bijak Berinternet dan Bermedia Sosial

Kristina - detikEdu
Senin, 17 Jan 2022 13:30 WIB
Young woman using cell phone to send text message on social network at night. Closeup of hands with computer laptop in background
Ilustrasi bermedia sosial. Foto: (Thinkstock)
Jakarta -

Teknologi informasi semakin berkembang terlebih dengan hadirnya internet dan media sosial. Di era tersebut, setiap orang akan banyak berselancar di media maya untuk berbagai kepentingan, termasuk siswa.

Perkembangan teknologi tersebut perlu diiringi dengan sikap yang bijak dalam penggunaannya. Berbagai penelitian telah menunjukkan maraknya kejahatan siber dengan menggunakan data atau informasi ke internet, seperti studi yang dilakukan pada tahun 2018.

Cara Bijak Berinternet dan Bersosial Media

Melansir laman Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), berikut empat cara bijak berinternet dan bermedia sosial yang dapat dilakukan oleh siswa:

1. Cerdas (Hati-hati dalam Berbagi)

Era yang serba canggih ini memungkinkan informasi dapat tersebar dengan mudah dan cepat di berbagai platform media sosial. Jika pengguna media sosial tidak berhati-hati, bisa jadi justru akan terjebak dalam masalah dan tidak sedikit yang panjang akibatnya.

Solusinya, detikers dapat belajar cara berbagai dan mengetahui apa saja yang dibagikan kepada orang, baik yang dikenal maupun tidak. Dalam hal ini, jenis informasi yang bisa dibagikan dan informasi yang seharusnya dirahasiakan harus benar-benar dipahami.

2. Jangan Mudah Tertipu

Siswa perlu menyadari bahwa situasi dalam dunia online tidak selalu benar, asli, atau dapat dipercaya. Membedakan mana yang palsu sangat penting agar tetap aman dalam bermedia sosial. Oleh karena itu, peran orang tua diperlukan dalam memberikan edukasi kepada anaknya.

detikers dapat mencari informasi tentang cara kerja penelusuran online dan mulai berpikir kritis saat mencari konten melalui situs website. Dalam hal ini, detikers dapat memikirkan kebenaran dari hasil penelusuran, situs, dan sumber informasi lainnya, serta mewaspadai adanya misinformasi, berita palsu, dan manipulasi.

3. Jaga Rahasiamu

Bermedia sosial tidak serta merta hanya untuk iseng belaka. Keamanan informasi pribadi, akun, dan perangkat pribadi sama pentingnya dengan privasi diri sendiri. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membuat kata sandi yang kuat dan berkomitmen untuk tidak membagikannya kepada sembarang orang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan data pribadi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

4. Jadi Teladan Kebaikan

Informasi dapat tersebar luas dengan bantuan internet. Keberadaan internet dapat digunakan untuk menyebarkan informasi yang menginspirasi dan memotivasi, tetapi tidak sedikit yang membagikan pendapat yang penuh kebencian.

Dalam hal bijak bermedia, siswa dapat menggunakan internet untuk membagikan hal-hal yang positif dan memberikan manfaat bagi banyak orang. Dengan demikian, siswa dapat menjadi teladan kebaikan tidak hanya di dunia nyata, melainkan di dunia maya.



Simak Video "Kegelisahan Afgan Terhadap Budaya 'Oversharing'"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia