Lelah Belajar hingga Sakit Gigi? Intip 5 Resep Herbal ala Dosen UNS Yuk!

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Sabtu, 15 Jan 2022 20:00 WIB
Shot of stressed business woman working from home on laptop looking worried, tired and overwhelmed.
Ilustrasi lelah belajar. (Foto: Getty Images/iStockphoto/nensuria)
Jakarta -

Kelelahan belajar hingga menyebabkan pegal linu dan sakit pinggang? Atau, justru sakit gigi dan batuk yang diderita membuat konsentrasi belajarmu terganggu? Jangan khawatir, 2 dosen asal Universitas Sebelas Maret (UNS) ini membagikan resep herbal untuk mengobati penyakit di atas, lho.

Resep obat herbal ini dikemukakan oleh Dosen Prodi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS Supana dan Imam Sutarjo melalui penyuluhan obat-obatan tradisional Jawa. Tepatnya, berlokasi di Kelurahan Pajang Laweyan Surakarta pada Oktober 2021 lalu, seperti dilansir dari laman FIB UNS, Sabtu (15/1/2022).

Kegiatan penyuluhan bersama warga tersebut berfokus pada penjabaran isi dari naskah jawa kuno yang bertajuk Naskah Kuna Serat Kawruh Bab Jampi-jampi Jawi. Serangkaian penyakit yang disebut dalam naskah yakni ada pegal linu, sakit pinggang, sakit gigi, hingga batuk.

Berdasarkan penuturan Imam Sutarjo, bahan-bahan yang termaktub dalam resep berasal dari tumbuhan obat dan dapat ditemukan di sekitar rumah khususnya di wilayah Jawa. Adapun daftar resep obat herbal yang terdapat dalam naskah tersebut di antaranya sebagai berikut:

5 Resep Obat Herbal dalam Naskah Jawa Kuno


1. Obat Pegal

Sakit pegal linu pada ruas-ruas dapat diobati dengan tumbuhan akar besaran. Caranya, akar besaran dipotong-potong dan diberi air. Kemudian airnya dioleskan di ruas-ruas.

Lain halnya untuk menangani kepala yang terasa pegal. Ramuan obatnya dapat dimulai dengan daun turi merah tiga potong, dua adas, dan dua ruas jari pulasari dua. Ketiga bahan dilumatkan dan dibungkus dalam kapuk. Lalu, airnya diperas dan dimasukkan dalam hidung.

2. Sakit Pinggang

Selanjutnya, resep obat herbal untuk sakit pinggang atau tulang. Bahan yang dibutuhkan adalah tulang ikan nus (beluntak) panjangnya satu jari, jahe tiga potong, brambang tiga biji. Ketiganya dicampur dan diberi air cuka. Lalu, tempelkan di pinggang dan ikat dengan daun pisang.

3. Obat Batuk

Untuk mengobati batuk, resep herbal yang dibutuhkan adalah umbi kunir, terasi merah, asam tua, dan air santan kelapa. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur rata dan obat siap diminum.

Supana juga membagikan resep lain dari obat batuk bila bahan-bahan di atas sulit ditemukan.

"Obat batuk lainnya yaitu minyak kelapa, minyak kunci, dan asam tua, dicampur lalu diminum," kata Supana.

4. Obat Sakit Gigi

Terakhir, ramuan untuk obat sakit gigi adalah darah semut dan gula kelapa. Cara pengobatannya dengan menempelkan campuran dari kedua bahan tersebut pada gigi yang sakit.

Jika resep di atas masih terasa belum ampuh, dapat dicoba dengan resep campuran bawang putih dan asam. Keduanya dihaluskan, lalu ditempelkan pada gigi yang terasa sakit.

Untuk diketahui, para dosen FIB UNS ini membentuk sebuah kelompok riset bernama Grup Riset Filologi. Melalui kelompok inilah, mereka menggelar aksi nyata dengan memberikan penyuluhan terkait tumbuhan obat-obatan yang masih jarang diketahui masyarakat.

Senada dengan tujuan awal tersebut, Supana, sekaligus Kepala Prodi Sastra Daerah FIB UNS mengungkapkan harapannya untuk kegiatan penyuluhan pada masyarakat ini. Ia berharap, kegiatan ini dapat membuka mata masyarakat terkait kegunaan dari obat-obat tradisional yang bahannya mudah ditemukan di sekitar rumah.

"Kegiatan ini diharapkan dapat membuat masyarakat lebih memahami obat-obatan tradisional yang banyak terdapat di Jawa atau bahkan di lingkungan sekitar rumahnya," tandasnya.



Simak Video "UNS Akan Beri Penghargaan Buat Sri Mulyani pada Dies Natalis ke-46"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia