Pecahkan Rekor MURI, Mischka & Devon Raih Medali Internasional Terbanyak 2021

fahri zulfikar - detikEdu
Selasa, 11 Jan 2022 13:30 WIB
Kakak Beradik berhasil raih MURI sebagai pemenang medali olimpiade Internasional terbanyak di 2021
Mischka Aoki dan Devon Kei Enzo raih rekor MURI sebagai peraih medali internasional terbanyak tahun 2021. Foto: Doc. Mischka Devon
Jakarta -

Mischka Aoki (12) dan Devon Kei Enzo (11) merupakan kakak beradik yang paling menginspirasi pelajar Indonesia di tahun 2021 dengan puluhan medali olimpiade level Internasional. Keduanya berhasil membanggakan Indonesia dengan membawa pulang lebih dari 40 medali, dari sejumlah olimpiade Matematika dan Sains.

Atas prestasi membanggakan tersebut, lembaga pencatat prestasi superlatif bangsa Indonesia, Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), memberikan penghargaan sebagai pemenang medali Internasional terbanyak di tahun 2021.

"Kakak Beradik Pemenang Medali Olimpiade Matematika dan Sains Internasional Terbanyak," tulis keterangan di laman resmi MURI, dikutip Senin (10/1/2022).

Penyerahan penghargaan Rekor ini diserahkan langsung oleh pendiri dan Ketua Umum MURI, Jaya Suprana, di Galeri Museum Rekor Indonesia (MURI). Dalam penyerahan penghargaan tersebut, dia menyampaikan apresiasi kepada Mischka dan Devon.

"Kalian adalah 2 anak yang berbakat, tapi ingat bahwa mustahil untuk kalian bisa berprestasi sedemikian apabila tidak ada kedua orang tua yang mendukung kemampuan dan prestasi anaknya," ungkapnya melalui rilis yang diterima detikEdu, Senin (10/1/2022).

Jaya Suprana juga menambahkan pesan untuk kedua orang tua Mischka dan Devon, dan juga seluruh orang tua di Indonesia, untuk terus mendukung dan mengembangkan bakat dan kemampuan setiap anaknya.

Ingin Terus Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan

Sementara itu, melalui unggahan instagram @mischkadevon pada Senin, 10 Januari 2022, Mischka dan Devon juga turut menyampaikan terima kasih atas dukungan positif dari berbagai pihak.

"Kami berdua juga ingin menyampaikan terima kasih kepada kedua orang tua kami, teman-teman, dan masyarakat Indonesia yang tak berhenti terus mendukung, mendoakan, dan memberikan energi positif untuk kita berdua sampai detik ini," tulis Mischka Devon.

"Kita sangat bersyukur dan juga menjadi suatu kehormatan untuk menerima penghargaan piagam rekor MURI ini," tulisnya lebih lanjut.

Melalui prestasi-prestasi ini, dua kakak beradik ini berharap bisa memberikan motivasi dan inspirasi kepada generasi muda Indonesia, untuk selalu giat belajar dan terus mengukir prestasi meski di tengah masa pandemi.

Mischka Devon juga mengaku bahwa penghargaan tersebut bukanlah menjadi titik akhir pencapaian, melainkan tantangan untuk terus berbagi pengalaman.

"Penghargaan ini bukanlah menjadi titik akhir pencapaian kami. Tapi justru menjadi tantangan dan tanggung jawab yang sangat besar untuk kami supaya bisa terus berbagi pengalaman dan pengetahuan kami kepada teman-teman generasi muda Indonesia," bunyi tulisan di akhir unggahan Mischa Devon.

Raih 40 Medali Sepanjang Tahun 2021

Adapun sepanjang tahun 2021, Mischka Aoki dan Devon Kei telah memenangkan lebih dari 40 medali, di antaranya adalah diamond medal yang dimenangkan Devon Kei dalam ajang World Mathematics Invitational (WMI) Final round.

Kemudian pada bulan Desember 2021 lalu, keduanya juga juga kembali membanggakan nama Indonesia dengan menjuarai 2 medali emas, 1 medali perak, dan Overall Winner Champion dari Indonesia di ajang IJMO (International Junior Math Olympiad) dan VANDA Global Science Final Olympiad.

Dalam Vanda Global Science Final Olympiad, Devon Kei berhasil menduduki posisi rangking pertama dunia, sekaligus menjadi satu satunya pelajar asal Indonesia yang terpilih untuk menerima Global Math Olympiad Scholar.

Menariknya, pada Global Math Olympiad Scholar itu hanya ada 5 pelajar yang terpilih dari seluruh manca negara, untuk mendapatkan kesempatan training khusus dengan pakar-pakar matematika dari berbagai kancah dunia.

Sebelum mendapatkan MURI, kedua kakak beradik juga telah mendapatkan penghargaan dengan dinobatkan sebagai Kader Bela Negara oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021.

Mischka dan Devon dinobatkan dengan sebuah pin penghargaan sebagai salah satu bukti untuk anak muda yang berkarya dan berprestasi mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.



Simak Video "Moorissa Tjokro: Berpikir Kritis Jadi Keterampilan yang Wajib Diasah"
[Gambas:Video 20detik]
(kri/kri)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia