Kisah Gita Gutawa, Artis Bergelar S1 Kampus Inggris & S2 Awardee LPDP

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 13 Des 2021 13:30 WIB
Gita Gutawa di acara Exclusive Dinner With Gita Gutawa
Gita Gutawa yang punya karir menyanyi sukses dan menyelesaikan S1-S2 di Inggris. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT/Gita Gutawa
Jakarta -

Masih ingat dengan musisi bersuara merdu Gita Gutawa? Ternyata tidak hanya bakat di bidang musik, ia juga berprestasi di pendidikan, lho.

Meski sejak kecil terjun ke dunia tarik suara, Gita Gutawa tidak pernah mengesampingkan pendidikannya. Bahkan putri dari komposer musik Erwin Gutawa ini, telah berkomitmen sejak awal agar kariernya tidak menganggu sekolah.

"Saat aku masih sekolah dan nyanyi di waktu yang bersamaan, mengatur waktu bukan hal yang gampang. Prinsipnya, aku tidak mau kegiatan menyanyiku mengganggu sekolah, jangan sampai bolos kalau ga penting atau ga sedang sakit," ungkapnya dikutip dari laman Perhimpunan Pelajar Indonesia di Inggris, ppiuk.org, Senin (13/12/2021).

Berikut beberapa hal terkait prestasi Gita Gutawa yang bisa kamu contoh

A. Manajemen waktu dalam belajar

Komitmen Gita dalam bermusik dan berpendidikan terbukti berhasil dengan selalu menjadi juara umum saat sekolah dan juga sempat didaulat menjadi Duta Pendidikan di tahun 2009. Bahkan Gita selalu belajar saat berada di belakang panggung.

"Senin sampai Jumat sekolah, terus weekend nyanyi. Untuk hari-hari biasa bisa juga manggung, cuman harus skala acaranya besar dan di Jakarta. Dalam sebulan aku selalu minta satu 'weekend' untuk main dan jalan-jalan sama teman," katanya.

B. Berhasil kuliah S1 di Inggris

Dengan komitmen terhadap pendidikan yang kuat, akhirnya selepas lulus dari SMA Bina Nusantara, Gita memutuskan untuk melanjutkan pendidikan S1 di luar negeri.

Gita mengaku sejak kecil memang ingin sekali kuliah di UK. Jadi dia akhirnya kuliah di University of Birmingham, Inggris dengan mengambil Jurusan Ekonomi.

"Dulu waktu kecil, sewaktu masih SD, pernah ikut Papa ke UK dan terus terang tertarik banget untuk kuliah di sini. Dalam hatiku berkata 'one day' aku harus kuliah di UK" ujarnya.

C. Sempat mendaftar ke Oxford dan LSE

Sebelum diterima Birmingham, Gita sempat mendaftar ke lima kampus di UK di antaranya ada Oxford University dan London School of Economics and Political Science (LSE). Namun, sayangnya ia belum memenuhi persyaratan sehingga tidak berhasil lolos.

Mesti begitu ia tetap berpikir positif dan berusaha semaksimal mungkin. Dengan belajar maksimal di Birmingham University, Gita berhasil menjadi mahasiswa berprestasi di jurusannya.

D. Lanjut S2 dengan beasiswa LPDP

Setelah lulus S1 Gita tidak langsung kembali ke dunia hiburan, tetapi melanjutkan pendidikan masternya di London School of Economics and Political Science, Inggris.

Bahkan ia berhasil kuliah S2 tersebut dengan beasiswa LPDP dan mengambil jurusan Culture and Society.

Hal itu memang keinginan Gita untuk melanjutkan pendidikan agar terus belajar di bidang lain dan bisa mengembangkan diri.

"Walaupun aku mungkin sudah punya 'karier', aku rasa banyak hal yang tetap harus aku kembangkan. Bahkan akhirnya untuk kuliah, aku justru memilih jurusan di luar musik," terangnya.

Menurut Gita, bagi calon mahasiswa yang ingin meraih cita-cita harus memiliki tekad kuat dan berani mencoba karena hal itu penting untuk bermimpi.

"Jangan takut untuk meraih cita-cita. Kalau punya cita-cita langsung tekadkan saja. Jangan takut untuk bermimpi!" ujar Gita Gutawa.



Simak Video "Moorissa Tjokro: Berpikir Kritis Jadi Keterampilan yang Wajib Diasah"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia