Sambil Kerja Jadi Pasukan Oranye, Rizki Berhasil Lulus Kuliah dan Cumlaude

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 24 Nov 2021 09:30 WIB
Kisah petugas oranye lulus cumlaude
Foto: instagram @arizapatria
Jakarta - Kuliah sambil kerja bukanlah suatu halangan untuk bisa berprestasi. Dengan tekad dan manajemen waktu yang tepat, bahkan bisa saja lulus kuliah dengan nilai yang baik.


Hal itu ditunjukkan oleh Muhammad Rizki Hidayat, yang menjadi petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di wilayah administrasi DKI Jakarta. Tekadnya untuk lulus pendidikan tinggi berakhir dengan predikat Cumlaude.


Diapresiasi Wakil Gubernur Jakarta


Atas prestasinya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, turut menghadiri tasyakuran dirinya sebagai salah satu anggota PPSU Kelurahan Cipinang Muara sekaligus sebagai mahasiswa yang lulus dengan predikat cumlaude.


Riza menyampaikan, keberhasilan anggota PPSU tersebut merupakan contoh yang baik atas perjuangan anggota PPSU tersebut, yang menjalankan kuliah sekaligus bekerja sebagai anggota PPSU.


"Ini contoh saja bagi PPSU seluruh Jakarta, bahwa selain bekerja Rizky bisa menabung dengan uang yang sedikit, kemudian bisa kuliah dan lulus dengan hasil yang memuaskan dan membanggakan," tuturnya dikutip dari laman Pemkot Jakarta Timur, Selasa (23/11/2021).


Sementara itu, sebagai anggota PPSU dengan kelulusan cumlaude, Rizki juga menyampaikan rencananya setelah lulus kuliah.


Ia mengaku akan terus mengabdi menjadi anggota PPSU Kelurahan Cipinang Muara sambil menunggu kesempatan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).


"Yang pasti akan terus mencoba setiap tahun, sambil terus mengabdi menjadi PPSU di Kelurahan Cipinang Muara," ujar Rizky.


Kunci Kesuksesan Rizki


Perjalanan Rizki untuk bisa kuliah bukanlah hal mudah. Sejak SD sampai SMP, Rizki tinggal di Panti Asuhan, karena Bapaknya sudah meninggal, sementara Ibunya belum mampu menyekolahkan.


Namun demikian Rizki bertekad untuk membanggakan Ibunya dan selalu minta didoakan. Alhasil dengan keteguhannya belajar, Rizki bisa sekolah di SMAN 45 Jakarta Utara, saat itu ada program sekolah gratis.


Selepas lulus SMA, Rizki langsung bekerja menjadi PPSU, menabung untuk kuliah dan bertekad membanggakan Ibunya.


Lulus dengan IPK 3.52


Rizki merupakan lulusan Jurusan Teknik Informatika, Universitas Nusa Mandiri Jatiwaringin. Ia mendapatkan predikat cumlaude karena IPK saat kelulusan yang mencapai 3.52.


Prestasi ini juga turut diunggah Wagub Riza ke instagram pribadinya dengan mengucap selamat karena telah menjadi sarjana.


"Sekarang namanya Muhammad Rizki hidayat, S.Kom. Orangtua, adik dan teman-temannya sangat senang. Yang mengharukan bagi saya, adalah kisah dukungan dari teman-temannya sesama anggota PPSU. Selamat untuk Muhammad Rizki Hidayat, panjang umur para pekerja keras, terima kasih pada Rizki yang telah menginspirasi saya dan seluruh warga Jakarta," tulis Riza.


Dalam unggahannya Wagub Riza juga menyampaikan bahwa Rizki tak hanya membanggakan dalam kuliah tapi juga berhasil membuat aplikasi elektronik yang bermanfaat.


"Rizki membuat aplikasi diagnosa penyakit gigi yang telah diunggah di Google Play Store. Aplikasi tersebut diberi nama E-Gigi. Mantan anak panti asuhan ini benar-benar teladan," tuturnya.

Simak Video "Kisah Heroik Pasukan Oranye Selamatkan Bocah Tenggelam Berbuah Apresiasi"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia