Kisah Sandiaga Satu Kampus dengan Jenderal Andika di George Washington University

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 17 Nov 2021 20:00 WIB
Desa Wisata Tipang masuk Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.
Menteri Parekraf Sandiaga Uno bercerita, Panglima TNI Jenderal Andika satu kampus dengannya di George Washington University, Amerika Serikat. Foto: Kemenparekraf
Jakarta - Jenderal Andika Perkasa resmi dilantik menjadi Panglima TNI, Rabu (17/11/2021). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno menuturkan, ia dan Jenderal Andika merupakan alumni kampus George Washington University, Washington, Amerika Serikat.

"Selamat kepada Bapak Jendral Andika Perkasa yang hari ini dilantik sebagai Panglima TNI oleh Bapak Presiden @jokowi. Beberapa waktu lalu kami sempat bertemu, dan kebetulan kami ini sama-sama alumni dari universitas yang sama, yakni George Washington University di Amerika Serikat," ucap Sandiaga dalam posnya di akun Instagram @sandiuno, Rabu (17/11/2021).

Kuliah Sandiaga dan Jenderal Andika di George Washington University

Sandiaga bercerita, ia dan Jenderal Andika sama-sama mendapat rekomendasi studi dari Mantan Menteri Keuangan RI Prof. J.B. Sumarlin untuk dapat kuliah di George Washington University.

Menurut Sandiaga, hanya ia dan Jenderal Andika yang pernah mendapat rekomendasi dari Prof. J.B. Sumarlin.

"Saya ingat betul kala itu, saat ingin berkuliah di universitas tersebut, saya meminta rekomendasi kepada Mendiang Prof. J. B. Sumarlin, Mantan Menteri Keuangan. Dan selama hidupnya, hanya 2 orang yang pernah diberikan rekomendasi, pertama adalah saya, dan kedua adalah Jenderal Andika," tuturnya.

Jenderal Andika diketahui lulus dari The Trachtenberg School of Public Policy and Public Administration, George Washington University pada 2005.

Di samping berbagai pendidikan militer dalam negeri, Jenderal Andika sebelumnya juga menempuh pendidikan di The Military College of Vermont, Norwich University, Northfield, Vermont, Amerika Serikat.

Jenderal Andika lalu melanjutkan pendidikan di National War College, National Defense University, Washington D.C. pada 2003 dan Harvard University, Massachusetts, Amerika Serikat.

Dikutip dari laman Kemenparekraf, Sandiaga Uno juga memilih George Washington University, Amerika Serikat untuk menempuh pendidikan jenjang S2. Sandiaga lulus dari George Washington University dengan gelar Master of Business Administration.

Sebelumnya, Sandiaga tercatat berkuliah jenjang S1 di Wichita State University, Wichita, Kansas, Amerika Serikat. Ia lulus sebagai Bachelor of Business Administration dengan predikat Summa Cum Laude.

Pada 2016, Sandiaga menuturkan, ia mendapat titel Distinguished Research Professor in Residence dari George Washington University. Dari pencapaiannya, Sandiaga kemudian diundang untuk menyampaikan orasi di alma maternya tersebut. Sandiaga menjelaskan, gelar tersebut bukan gelar profesor.

"Distinguished research professor in residence, yang sebetulnya title ini untuk menghargai kontribusi terhadap penelitian di bidang kewirausahaan," kata Sandiaga saat mengikuti Jakarta Berlari di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2016).

Kemudian, Sandiaga Uno melanjutkan pendidikan S3 Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pelita Harapan. Ia lulus menyandang predikat cum laude dengan IPK 3.77 pada 2021. Sandiaga lulus S3 bersamaan dengan sang anak, Amyra Atheefa Uno, yang lulus S1 di Parsons School of Design, New York, Amerika Serikat.

"Sukses untuk amanah barunya, semoga TNI semakin jaya. Mari kita kolaborasi untuk Indonesia Bangkit, terbuka luas lapangan kerja," kata Sandiaga Uno untuk Jenderal Andika.

Simak video 'Jenderal Andika Jadi Panglima TNI: Kehormatan Besar Bagi Saya & Keluarga':

[Gambas:Video 20detik]



(twu/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia