Hebat! Ini Kisah Mahasiswa IPB yang Terpilih Jadi CEO Telkomsel Sehari

Anatasia Anjani - detikEdu
Sabtu, 13 Nov 2021 11:00 WIB
Mahasiswa IPB
Foto: IPB/Hebat! Ini Kisah Mahasiswa IPB yang Terpilih Jadi CEO Telkomsel Sehari
Jakarta - Prestasi membanggakan datang Institut Pertanian Bogor (IPB). Salah satu mahasiswanya bernama Putri Gayatri berhasil menjadi CEO Telkomsel selama sehari.

Putri merupakan mahasiswa dari Fakultas Ekologi Manusia (Fema), Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM). Ia pun berkesempatan menggantikan peran Hendri Mulya Syam untuk menjadi CEO.

Sebelum itu, ia harus mengikuti serangkaian tes seleksi mulai dari administrasi, tes, dinamika kelompok, pembuatan video, hingga wawancara. Ia pun berhasil lolos dan masuk 6 besar dari 7023 pendaftar. Ia juga satu-satunya mahasiswa yang berhasil lolos dalam program ini.

"Bangga banget karena bisa bareng-bareng memperjuangkan isu yang dibawa. Saya membawa isu kepemimpinan perempuan dan kesetaraan gender di dunia kerja. Kami bersama para perempuan dengan giat dan semangat yang sama ingin memperjuangkan keadilan untuk teman-teman perempuan. Kami ingin menunjukkan kemampuan dan kontribusi di panggung kepemimpinan," ucap Putri dilansir laman IPB, Sabtu (13/11/2021).

Putri juga bercerita jika ia bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir. Ia belajar bagaimana cara menteri tersebut berinteraksi, memimpin, hingga menyapa masyarakat.

"Kita diikutsertakan di kegiatan shadowing menteri. Kalau Pak Erick Thohir sidak ke daerah mana, kita ikut. Misalnya, Pak Erick Thohir mau lihat proyek di Thamrin, kita ikut. Lalu ada sesi mentoring one on one. Jadi, kita lebih bicara dari hati ke hati tentang bagaimana para perempuan bisa maju di posisi kepemimpinan. Bagaimana perempuan bisa berdaya dan memberdayakan yang lainnya," tambah Putri.

Selain itu, mahasiswa IPB tersebut juga mengikuti rapat pimpinan Kementerian BUMN. Ia juga mendapatkan kesempatan untuk bertanya, mengajukan pendapat, mengkritisi kebijakan, dan memberikan rekomendasi untuk Kementerian BUMN ke depannya.

"Kita juga dikasih challenge sama Pak Menteri untuk mengirim email ke insan BUMN dan kita memposisikan diri sebagai seorang menteri. Ternyata itu menjadi proses Pak Erick menempatkan posisi kami berenam," kata Putri.

Setelah belajar beberapa hari bersama dengan Menteri BUMN, kemudian Putri dipilih menjadi CEO Telkomsel selama sehari. Ia pun kaget. Sebelum terjun menjadi CEO, ia juga mendapatkan mentoring tentang perusahaan Telkomsel.

"Saat memimpin Telkomsel, saya cukup kaget. Banyak sekali media dan sorotan dari publik. Hal ini cukup membuat saya deg-degan saat memimpin perusahaan Telkomsel yang memiliki 170 juta pelanggan. Siapa yang tidak kenal Telkomsel, layanannya menjadi lokomotif pergerakan di negeri kita," kata Putri.

Sebagai CEO, Putri melakukan beberapa tugas, seperti memimpin rapat, menerima kunjungan Menteri BUMN. Selain itu, ia juga mendengarkan keluhan dan harapan para perempuan yang bekerja di Telkomsel.

Ia juga mendapatkan sharing one on one bersama Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam. Ia mendapat pesan agar tak pernah berhenti belajar dan rendah hati.

"Pak Hendri Mulya Syam mengajarkan kepada saya untuk jangan pernah berhenti belajar dan harus tetap humble. Karena banyak banget orang hebat dan kuat, tapi mereka jatuh karena arogan. Untuk mempertahankan empati kita, tetap membumi mendengarkan orang lain jadi kunci menjadi seorang pemimpin," kata mahasiswa IPB tersebut.



Simak Video "Telkomsel Matikan Layanan 3G Mulai Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia