Profil Ribka Sugiarto, Atlet Bulutangkis yang Beraksi di German Open 2021

Novia Aisyah - detikEdu
Minggu, 07 Nov 2021 18:00 WIB
Ribka Sugiarto, pebulutangkis junior
Foto: dok. Humas PBSI/Profil Ribka Sugiarto, Atlet Bulutangkis yang Beraksi di German Open 2021.
Jakarta -

Ribka Sugiarto adalah salah satu atlet bulutangkis Indonesia yang berlaga di German Open 2021. Langkahnya bersama Siti Fadia Silva Ramadhanti memang terhenti, namun sosok atlet muda ini bikin publik penasaran.

Dikutip dari situs Djarum Badminton, Ribka lahir di Karanganyar, 22 Januari 2000. Dia tergabung dalam PB Djarum Kudus sejak 2013, usai mengikuti audisi umum dan lolos sebagai pemain ganda putri.

Bulutangkis awalnya adalah hobi Ribka yang kini berusia 21 tahun. Dia mengikuti ayahnya yang menyukai olahraga populer ini. Ribka kemudian masuk klub Tri Star bersama tetangganya di Karanganyar.

"Saya ikut sekitar pas saya duduk di kelas 3 Sekolah Dasar. Selang beberapa bulan saya sering juara-juara lokal di Karanganyar," ujar Ribka dikutip detikcom pada Minggu (7/11/2021).

Layaknya para juara lapangan lain, Ribka juga menghadapi hambatan saat berlatih bulutangkis. Dia kesulitan mengatur jadwal hingga harus memilih salah satu. Namun Ribka akhirnya menemukan solusi.

"Pas kelas 6 sempat berhenti dulu latihan karena saya masuk SMP favorit. Dan kayaknya sulit untuk latihan sambil sekolah karena jadwalnya padat. Tetapi di SMP itu ada ekstrakulikuler bulutangkis dan saya ikut kegiatan itu," kata Ribka.

Kesukaan pada bulutangkis mengantarkan Ribka ikut audisi PB Djarum di usia 13 tahun. Ribka bersyukur bisa lolos audisi hingga bisa latihan rutin dan fokus di olahraga favoritnya.

Prestasi pertama Ribka dengan membawa bendera PB Djarum adalah di ajang Djarum Sirnas Palangkaraya 2013. Ribka yang dipasangkan dengan Febriana berhasil juara ganda putri pemula.

"Pertama kali saya juara memakai baju PB Djarum yakni di Sirnas Palangkaraya 2013. Itu hal yang paling tidak akan bisa saya lupakan," kata Ribka yang mengidolakan Liliyana Natsir.

Karir Ribka sebagai atlet bulutangkis mungkin masih panjang. Namun dia sudah punya ancang-ancang seandainya harus gantung raket dengan berbagai faktor.

Ribka mengatakan ingin jadi pekerja seni di dunia film. Menurut Ribka dia punya kemampuan akting yang mendukung pilihan tersebut.



Simak Video "Antusiasme Warga Ikut CFD di Bundaran HI Meski Cuaca Mendung"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia