Keren! Dalam 20 Hari Taekwondoin Kelas 5 SD Ini Sabet 4 Medali Emas

Tim detikcom - detikEdu
Senin, 01 Nov 2021 18:30 WIB
Anandea Sekar Rafina menerima penghargaan dari Leprid
Foto: Dok. Leprid
Jakarta - Prestasi Anandea Sekar Rafina siswi kelas V SD Islam Hj Isriati Moenadi, Kabupaten Semarang yang berusia 10 tahun ini terbilang luar biasa di bidang olahraga beladiri taekwondo.

Pada September 2021 lalu, dalam kurun waktu 20 hari, pelajar yang kerap disapa dengan panggilan Sekar itu berhasil menyabet 4 medali emas dalam berbagai kejuaraan tingkat nasional dan internasional.

Tanggal 5 September, putri ketiga pasangan Deddi Fajar Wijaya- Utami Ningrung Wahyu ini mampu menyabet Juara I Gorontalo International Virtual Championship Taekwondo kategori Poomsae. Kemudian tanggal 19 Juara I Poomsae Pre Cadet Putri KONI Pusat,

Dua hari kemudian, Sekar bisa menjuarai Poomsae Putri SD/MI Popda Kabupaten Semarang dan tanggal 26 September Juara I Poomsae Pra Cadet B Putri Grup III-I Kejurnas UGM Taekwondo Championship 2021.

Atas raihan prestasi tersebut, Sekar pun mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid). Leprid pun memasukkan prestasi itu dalam catatan rekor prestasi olahraga.

Direktur Leprid, Paulus Tangka mengatakan raihan Sekar merupakan prestasi yang luar biasa membanggakan dan patut diapresiasi sehingga menjadi inspirasi bagi anak-anak Indonesia lainnya.

"Sangat diharapkan anak-anak yang berprestasi ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak terkait serta dibantu agar mereka terus berlatih dan menyiapkan diri sebaik mungkin," ujar Paulus dalam keterangannya, Senin (1/11/2021).

Anandea Sekar Rafina bersama Direktur Leprid Paulus Pangka saat menerima penghargaan dari LepridAnandea Sekar Rafina bersama Direktur Leprid Paulus Pangka saat menerima penghargaan dari Leprid Foto: Dok. Leprid

Beberapa waktu lalu Sekar juga sempat unjuk kebolehan pada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berkunjung ke kantor Gubernur Jateng. Saat itu Sekar memohon doa restu dan dukungan atas keikutsertaannya dalam kejuaraan tingkat internasional "World Changmookwan Championship 2021" pada 6 November 2021 mendatang.

Seperti dikutip dari laman Provinsi Jateng, Ganjar mengungkapkan kekagumannya pada Sekar yang saat itu memperlihatkan beberapa jurus taekwondo. "Ini atlet keren banget. Anak muda, cewek, namanya Sekar. Usianya baru 10 tahun tetapi medalinya sudah banyak banget. Ini salah satu medali yang didapatkan itu," ujar Ganjar.

Gubernur juga memberikan dukungan kepada semua atlet muda di Jawa Tengah untuk terus berlatih dan menyiapkan diri sebaik mungkin. Tujuannya ke depan tidak hanya mengharumkan nama Jawa Tengah, tetapi juga Indonesia.

"Ini menjadi atlet muda yang musti kita siapkan sejak dini sehingga nantinya bisa menjadi atlet hebat. Tidak hanya mewakili Jawa Tengah tetapi juga Indonesia," katanya.

Simak Video "Momen 90 Pelajar di Nigeria Bebas Usai Diculik Kelompok Bersenjata"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia