Perkenalkan, Ini Lulusan Termuda ITB dan Seorang Pengusaha Lele

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 28 Okt 2021 14:36 WIB
Wisudawan Termuda ITB
Foto: ITB
Jakarta - Mochammad Vanris Arya Saputra atau dipanggil Vanris menjadi lulusan termuda di Institut Teknologi Bandung (ITB). Vanris merupakan wisudawan dari Program Studi Sarjana Manajemen Kelas Internasional (International Business) Sekolah Bisnis Manajemen (SBM).

Ia tak menyangka dirinya menjadi wisudawan termuda.

"Seneng sih, tetapi nggak expect juga," ungkap Vanris yang dikutip dari laman ITB, Kamis (28/10/2021).

Selain menjadi wisudawan termuda di ITB, rupanya Vanris juga merupakan seorang wirausaha di bidang peternakan lele. Vanris mengatakan ingin memperdalam ilmunya di bidang bisnis dan berencana untuk melanjutkan studinya hingga jenjang S2.

Vanris juga bercerita jika menjadi pengusaha merupakan cita-citanya.

"Dalam bidang bisnis, banyak yang berubah. Bisa aja sekarang aku lagi merintis di bidang peternakan, bisa saja di tahun berikutnya berbeda. Kita harus versatile kalau terjun dalam bidang bisnis," kata Vanris.

Adapun, pria kelahiran 2002 ini juga bercerita mengapa dirinya dapat lulus di usia 19 tahun 4 bulan. Saat masih bersekolah ia sempat mengikuti program akselerasi saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Saat masih SD ia menempuh pendidikan selama lima tahun dan saat SMP hanya dua tahun. Hal tersebutlah yang menyebabkan Vanris dapat meraih gelar sarjana di usia muda. Vanris juga mengaku jika ia berkuliah saat usianya baru 16 tahun.

Karena terbiasa mengikuti program akselerasi, Vanris terbiasa dengan pembelajaran di perkuliahan yang sangat dinamis dan cepat. Ia juga mengaku tidak memiliki kendala yang berarti selama mengikuti perkuliahan di ITB.

Adapun, selama berkuliah di ITB dirinya pernah mengikuti perkuliahan di Inggris selama satu tahun lamanya. Namun karena masih merebaknya virus Covid-19 saat berangkat, pembelajarannya dilakukan secara virtual.

Walaupun begitu, ia mengaku belajar di Inggris menjadi pengalaman yang sangat berharga baginya.

Vanris berpesan kepada mahasiswa yang masih berkuliah di ITB untuk memaksimalkan masa-masa kuliah di ITB dengan menjalin relasi.

Ia juga mengatakan agar mahasiswa tetap melakukan kegiatan yang disukai sebagai bentuk refreshing untuk mengurangi stres selama berkuliah secara daring.



Simak Video "Penjelasan Dokter Soal Kondisi Mahasiswa yang Dibanting Polisi di Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(atj/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia