3 Cara Belajar Wisudawan ITB Peraih IPK 3,98, Cocok Enggak Sama Kamu?

Trisna Wulandari - detikEdu
Rabu, 27 Okt 2021 18:30 WIB
Jan Meyer Saragih, wisudawan ITB dengan IPK 3,98.
Jan Meyer Saragih, wisudawan ITB dengan IPK 3,98. Foto: Dok. ITB
Jakarta - Mahasiswa prodi Teknik Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) Institut Teknologi Bandung (ITB) Jan Meyer Saragih lulus dengan IPK 3,98. Pencapaian Meyer membuatnya dinobatkan sebagai mahasiswa peraih IPK tertinggi di Wisuda Pertama ITB Tahun Akademik 2021-2022, Sabtu (23/10/2021) lalu.

Jan Meyer Saragih adalah salah satu dari 1.746 wisudawan ITB Oktober 2021 tersebut. Pada wisuda hybrid pertama ITB ini, 661 wisudawan mendapat gelar cumlaude.

"Awalnya saya tidak menyangka menjadi wisudawan dengan IPK tertinggi. Perasaan saya awalnya kaget dan tentunya senang juga. Setelah 4 tahun, ternyata saya bisa mendapat IPK tertinggi yang menurut saya merupakan pencapaian yang cukup baik," kata Meyer dalam laman resmi ITB.

Bagaimana cara belajar Meyer selama berkuliah di ITB?

Cara Belajar Ala Mahasiswa ITB Peraih IPK Tertinggi

Meyer menuturkan, dirinya merasa tak cukup lihai membagi waktu. Ia pun merasa masih kurang aktif dalam berorganisasi, tidak aktif di UKM, sehingga ia banyak memiliki waktu luang untuk belajar.

Kendati demikian, meraih IPK tertinggi tidak mudah. Untuk itu, Meyer kerap belajar bareng hingga mempraktikkan belajar dengan cara yang cocok dengannya.

1. Mencatat

Meyer menuturkan, ia mencatat pelajaran saat kelas berlangsung, sehingga tidak hanya mendengar. Menurutnya, mencatat di kelas lebih baik untuk proses belajarnya ketimbang mendengarkan saja.

2. Review Catatan

Beberapa hari sebelum ujian, kata Meyer, ia kembali membaca catatan yang sudah ia buat sebelumnya. Menurut Meyer, cara ini jamak digunakan teman-temannya.


3. Belajar Bareng dan Mengajarkan

Meyer mengaku juga belajar bersama teman-temannya. "Saya kadang mengajarkan teman saya ketika belajar bareng, sehingga me-recall pelajarannya lagi," tuturnya.

Meyer menuturkan, masuk ITB di tahun pertama masih terasa membahagiakan. Masuk ke tahun kedua, ia mengaku juga merasakan chaos tugas-tugas mata kuliah, hingga harus merasakan tugas akhir dan kelulusan tertunda. Syukurnya, ia melalui semuanya hingga lulus dengan predikat wisudawan dengan IPK tertinggi.

"Lega telah lulus dari ITB. Akhirnya tugas akhir selesai. Bahagia juga dapat membantu orang tua saya yang telah membiayai saya sampai kuliah," kata Meyer.

Nah, itu dia cara belajar Jan Meyer Saragih, mahasiswa ITB peraih IPK tertinggi di wisuda Oktober 2021. Semangat belajar agar bisa meraih IPK seperti Jan ya detikers!

Simak Video "Prilly Latuconsina Ungkap Perjuangannya yang Tak Mudah Raih Gelar Sarjana"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia