Fakta Pendidikan Putri Mako yang Lepas Status Bangsawan Demi Cinta

Puti Yasmin - detikEdu
Rabu, 27 Okt 2021 13:45 WIB
Jakarta - Putri Mako asal Jepang menikah dengan sang tunangan Kei Komuro pada Selasa (26/10/2021). Ia pun rela melepas status bangsawannya sesuai aturan kekaisaran Jepang bila menikah dengan pria biasa.

Bangsawan berusia 30 tahun ini merupakan putri sulung dari Pangeran Akishino dan Putri Kiko. Ia juga keponakan dari kaisar Jepang Naruhito.

Putri Mako dan Kei Komuro, menikah hari ini, Selasa (26/10/2021). Demi menikahi sang tunangan, Putri Mako pun memilih untuk melepas status kerajaannya.Putri Mako dan Kei Komuro, menikah hari ini, Selasa (26/10/2021). Demi menikahi sang tunangan, Putri Mako pun memilih untuk melepas status kerajaannya. Foto: Getty Images

Setelah menikah, Putri Mako akan menjadi warga biasa. Ia pun meninggalkan status keluarga kerajaan tanpa hak-hak istimewa dan menolak pembayaran US$ 1,3 juta, seperti yang diberikan kepada wanita yang meninggalkan keluarga kerajaan dan hak-haknya.

Namun, seperti apa fakta pendidikan wanita cantik ini? Simak di sini ya, detikers!

Fakta Pendidikan Putri Mako dikutip dari Reuters:

Putri Mako lahir pada 23 Oktober 1991. Di usia awalnya, ia menempuh pendidikan mengikuti tradisi kerajaan, yakni bersekolah di sekolah elit Gakushuin.

Pendidikan di sekolah tersebut ditempuh hingga duduk di bangku sekolah atas. Namun, ketika memasuki jenjang perkuliahan Putri Mako memutuskan untuk melanggar kebiasaan dengan tak melanjutkan pendidikan ke institusi yang telah ditetapkan.

Untuk perkuliahannya, Putri Mako memutuskan untuk menempuh studi di Universitas Kristen Internasional Tokyo. Tahun 2014 ia lulus dari jurusan Seni dan Budaya setelah menghabiskan satu tahun perkuliahan di Universitas Edinburgh.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yakni S2. Putri Mako pun berhasil memperoleh gelar master dalam studi Museum dan Galeri Seni.

Tak disangka, dalam proses menempuh pendidikannya itu ia bertemu dengan pujaan hatinya, Kei Komuro. Putri Mako dan Kei pertama kali bertemu pada tahun 2012.

Setelah pertemuan tersebut, mereka memutuskan untuk menjalin hubungan yang lebih serius di tahun 2017 dengan bertunangan. Namun, kisah cinta mereka sempat terhalang karena isu kewajiban utang yang belum diselesaikan dari keluarga Kei Komuro.

Pihak kerajaan pun menolak memberikan restu pernikahan kepada mereka berdua. Akhirnya pada tahun 2021, Kei yang telah lulus dari Universitas Fordham New York dan bekerja di sebuah firma hukum di sana berhasil menyelesaikan persoalan tersebut.

Akhirnya pada Selasa kemarin, Kei dan Putri Mako pun kembali bersatu dalam sebuah pernikahan. Selamat menempuh hidup baru! (pay/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia