Mahasiswa UNY Racik Mi Petai China yang Aman untuk Penderita Diabetes

lus - detikEdu
Sabtu, 16 Okt 2021 11:20 WIB
Resep Mie Goreng Jepang
Foto: iStock
Jakarta - Petai China jadi salah satu bahan makanan yang sangat berpotensi dikembangkan jadi inovasi produk pangan baru. Beberapa mahasiswa UNY meracik petai China menjadi mi sehat sebagai substitusi makanan pokok untuk penderita diabetes.

Mi umumnya terbuat dari terigu mengandung karbohidrat dalam jumlah besar tetapi sedikit protein, vitamin dan mineral. Akan tetapi mahasiswa UNY membuatnya dengan campuran petai China yang mengandung lebih banyak serat

Diabetes adalah salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian terbesar nomor 3 di Indonesia setelah stroke dan jantung koroner. Tumbuhan petai China (Leucaena leucocephala) banyak tumbuh subur di daerah kering dan sangat berpotensi dikembangkan karena zat yang terkandung di dalamnya bermanfaat bagi kesehatan.

Ahzami Fadilah Akbar prodi Teknik Elektro, Intan Diah Kusuma prodi Pendidikan Tata Boga, Wulan Febrianingsih prodi Pendidikan IPA, Siti Vera Lestari prodi Pendidikan Matematika dan Asma Nur Azizah prodi Sastra Inggris berhasil ciptakan mi petai China.

Menurut Ahzami Fadilah Akbar menyebut bahwa biji petai China mengandung tanin, galaktomanan dan flavonoid dimana kandungan tersebut memiliki efek untuk menurunkan kadar gula darah dengan cara menghambat aktivitas glukosidase dan alfa amilase yang berperan dalam absorpsi pada membran brush border usus.

"Penelitian tentang efek anti diabetes biji petai China telah dilakukan sebelumnya, yang mana pemberian ekstrak biji petai China dosis 0,25 g/kg, 0,5 g/kg dan 1 g/kg mampu menurunkan kadar glukosa darah sebesar 49,97 %, 56,80 % dan 65,30 %," tulis Ahzami dalam laman UNY.

Upaya menambahkan sayuran dalam mi yang dilakukan oleh mahasiswa ini disebut juga dengan Produk Beta Health Noodle karena berfungsi sebagai alternatif pengganti makanan bagi para penderita diabetes. Kelebihan dari produk ini aman karena dibuat dengan bahan alami tanpa zat pengawet.

Karya ini berhasil meraih Silver Medal pada ajang World Invertion Competition and Exhibition 2021 yang diselenggarakan oleh Young Scientist Association (IYSA) dan SEGi College Subang Jaya Malaysia. Ini menjadi salah satu upaya UNY dalam agenda pembangunan berkelanjutan pada bidang pendidikan bermutu dan juga kesehatan.






Simak Video "Nyicipin Hasil Masakan dengan Mi Smart Air Fryer, Mateng Gak Ya?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia