10 Mi Instan Terbaik 2021 Versi Ahli Makanan Dunia, Mana Favorit Anak Indekos?

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 11 Okt 2021 11:00 WIB
Keren! Indomie Jadi Mie Instan Terenak Versi Media Australia, Kalahkan Mie Instan Malaysia
Foto: iStock/Nine AU
Jakarta - Siapa yang tidak suka mi instan? Detikers juga suka, kan? Varian rasanya yang bermacam-macam dan cara membuatnya yang sangat mudah, tidak jarang membuat mi instan dijadikan alternatif nasi.

Baru-baru ini, New York Magazine membagikan sejumlah mi instan terbaik di dunia untuk versi tahun 2021. Pendapat ini dida patkan dari wawancara dengan delapan ahli makanan, mulai dari koki, kolumnis kuliner, pengarang buku, dan berbagai pakar hidangan lainnya.

Dua di antaranya mi instan terbaik itu bahkan berasal dari Indonesia. Apa saja? Simak di bawah ini ya.

10 Mi Instan Terbaik di Dunia 2021

  • 1. My Kuali Penang White Curry Noodles
  • 2. Sapporo Ichiban Tokyo Chicken Momosan Ramen
  • 3. Maggi Masala 2-Minute Noodles
  • 4. Mama Shrimp Creamy Tom Yum
  • 5. Nissin Instant Ramen Noodles with Soup Base, Black Garlic Oil, Tonkotsu Pork
  • 6. Indomie Mi Goreng Instan Rasa Original
  • 7. Indomie Mi Goreng BBQ Ayam
  • 8. Nongshim Chapagetti Chajang Noodle
  • 9. Nongshim Shin Ramyun Noodle Soup Gourmet Spicy
  • 10. Tseng Noodles Scallion with Sichuan Pepper Instant Noodles

Mi instan memang praktis untuk mengatasi rasa lapar, tetapi perlu diketahui bahwa makanan ini tidak bisa menggantikan nutrisi yang kita butuhkan. Apalagi, ada sejumlah risiko yang bisa dihadapi jika terlalu sering menyantapnya. Apalagi, ada sejumlah risiko yang bisa dihadapi jika terlalu banyak menyantapnya, seperti dikutip dari detikHealth:

11 Risiko Terlalu Sering Makan Mi Instan

1. Menghambat Penyerapan Nutrisi

Terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, sebaiknya tidak mengonsumsi mi instan sering-sering. Sebab, makanan ini bisa mengganggu penyerapan nutrisi.

2. Obesitas

Mi instan mengandung kalori dan karbohidrat yang tinggi. Apalagi, banyak orang menghidangkannya bersama nasi atau menyantap di malam hari. Faktor inilah yang bisa memicu obesitas karena kelebihan kalori dan karbohidrat.

3. Risiko Keguguran

Kandungan bumbu serta pengawet dalam mi instan bisa mengganggu perkembangan janin. Faktor inilah yang membuat ibu hamil memiliki risiko keguguran.

4. Risiko Kanker

Mi instan tentunya mengandung bahan-bahan pengawet. Bahan kimia yang dikandungnya punya sifat karsinogenik yang mampu mencetuskan sel kanker.

5. Mengganggu Sistem Pencernaan

Penyerapan nutrisi yang terganggu, dapat mengakibatkan terhambatnya sistem pencernaan. Sementara, pencernaan kita membutuhkan banyak mineral dan nutrisi. Jika kebutuhan ini terhambat, maka ada risiko sembelit, kembung, atau bahkan usus bocor

6. Kerusakan Hati

Konsumsi mi instan berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan atau kerusakan fungsi hati. Jadi, sebaiknya tidak sering-sering menyantapnya ya.

7. Tekanan Darah Tinggi

Peningkatan tekanan darah yang disebabkan mi instan adalah karena kandungan sodium di dalamnya. Bagi orang yang sudah memiliki tekanan darah tinggi, sering-sering mengonsumsi mi instan akan sangat berbahaya.

8. Memicu Batu Ginjal

Kenapa dapat memicu batu ginjal? Sebabnya, mi instan memiliki kandungan garam cukup tinggi, sehingga mendorong pembentukan batu ginjal.

9. Kerusakan Jaringan Otak

Berbagai zat kimia berbahaya dalam mi instan dapat menumpuk jika seseorang terlalu banyak memakannya. Kerusakan sel-sel jaringan otak ini juga dapat memicu penyakit lain seperti stroke atau lumpuh.

10. Kencing Manis

Di samping kandungan garam yang cukup tinggi, mi instan juga memiliki kandungan gula yang cukup melimpah. Hal inilah yang bisa mendorong timbulnya kencing manis jika mi instan disantap berlebihan.

11. Mengganggu Jadwal Menstruasi

Tak hanya memicu tekanan darah tinggi, kandungan sodium dalam mi instan juga bisa mengganggu hormon menstruasi pada perempuan, jika dikonsumsi terus-menerus. Hormon yang terganggu juga dapat mendorong timbulnya jerawat lho.

Selain membatasi konsumsi mi instan, cara mengurangi risikonya juga bisa dilakukan dengan membuang air rebusannya. Air rebusan pertama mi instan punya kandungan zat pengawet.

Nah, itu dia sederet mi instan terbaik di dunia 2021 menurut para ahli serta bahaya jika terlalu sering menyantapnya. Catat baik-baik ya, detikers!

Simak Video "Masak Masak: Resep Kombinasi Mi Goreng dan Sate Taichan"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia