Sumbang Medali untuk Jabar di PON XX Papua, Begini Kisah Perjuangan Mahasiswa Unpad

Fahri Zulfikar - detikEdu
Senin, 11 Okt 2021 14:00 WIB
Mahasiswa Unpad jadi atlet tim futsal Jabar di PON Papua
Foto: instagram @ajiprtama
Jakarta - Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad), Aji Satria Pratama menjadi salah satu atlet yang menyumbangkan medali untuk kontingen Jawa Barat (Jabar) dalam perhelatan PON XX Papua. Aji sumbang medali perak melalui tim cabang olahraga (cabor) futsal putra.


Salah satu punggawa tim futsal PON Jabar ini menceritakan proses perjalanannya sebelum berlaga di PON XX Papua dan mendapatkan medali perak.


Menurut Aji, tim futsal sempat mengalami kesulitan dalam melakukan persiapan PON XX Papua karena beberapa pemain berasal dari daerah-daerah yang berbeda. Bahkan sempat melakukan latihan di rumah masing-masing.


"Persiapannya mungkin bisa dibilang jangka panjang, ya, dikarenakan kami sudah mulai seleksi sejak tahun 2019. Namun, sayang dengan adanya pandemi, PON harus diundur ke tahun 2021. Alhamdulillah setelah pandemi mulai menurun kita bisa latihan rutin setiap bulannya sampai hari-H pelaksanaan," ucap Aji seperti dikutip detikEdu dari laman resmi Unpad (11/10).


Namun, meski persiapan yang cukup sulit di tengah pandemi, Aji mengapresiasi dukungan pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar. Atlet mendapatkan dukungan yang baik, seperti pemberian peralatan latihan, hingga jaminan kesehatan seperti asuransi.


Tekanan sebagai Juara Bertahan PON


Dalam berlaga di PON Papua, mahasiswa jurusan Sosiologi FISIP ini juga menyampaikan adanya tekanan tersendiri dalam berlaga di Papua karena tim futsal PON Jabar merupakan pemegang juara bertahan medali emas pada PON XIX 2016 di Jabar.


Tekanan itu juga datang dari prestasi kontingen Jabar yang merupakan juara umum pada PON XIX 2016. Namun, tekanan tersebut dapat disikapi oleh Aji dan timnya dengan cara menikmati setiap pertandingan sampai ke babak final dan berhasil mengamankan medali perak.


"Alhamdulillah patut disyukuri bisa sampai sejauh ini bisa bersaing dengan atlet-atlet hebat dari tiap daerah. Perasaan sedih dan kecewa pasti ada karena target kami di PON untuk meraih emas. Namun, kami tetap mensyukuri. Mungkin ini hasil yang terbaik bagi kami," ungkap Aji.


Bersaing dengan Orang-Orang Hebat Setiap Daerah


Mahasiswa Unpad angkatan 2017 ini juga menceritakan perasaannya ketika bisa berlaga dalam ajang olahraga nasional terbesar. Hal ini dikarenakan dirinya bisa bersaing dengan orang-orang hebat dari berbagai daerah.


Menurut Aji, meski melewati persaingan ketat dengan berbagai daerah, namun kontingen PON Jabar tetap dapat memberikan usaha dan prestasi yang terbaik. Termasuk medali perak yang diamankan tim futsal PON Jabar.


Atas perolehan sementara ini, Aji tetap berharap atlet Jabar yang masih akan berlaga di PON XX Papua bisa memberikan hasil terbaik dan mengharumkan nama Jabar.


"Harapan saya, selamat berjuang dan bertanding dengan senang dan semoga mendapatkan hasil yang terbaik demi mengharumkan nama daerah Jawa Barat," pungkasnya.


Jabar Kokoh di Puncak Klasemen Perolehan Medali PON XX Papua


Hingga Senin, 11 Oktober 2021 pukul 11:17 WIB, kontingen Jabar masih menduduki peringkat pertama perolehan medali PON XX Papua, disusul kontingen Jawa Timur di posisi kedua.


Berikut daftar 10 provinsi dengan perolehan medali terbanyak hingga Senin, 11 Oktober 2021:


1. Jawa Barat: 85 Emas, 68 Perak, 74 Perunggu (total 227 medali)


2. Jawa Timur: 74 Emas, 63 Perak, 57 Perunggu (194 medali)


3. DKI Jakarta: 71 Emas, 59 Perak, 72 Perunggu (202 medali)


4. Papua: 62 Emas, 33 Perak, 61 Perunggu (156 medali)


5. Jawa Tengah: 18 Emas, 32 Perak, 37 Perunggu (87 medali)


6. Bali: 16 Emas, 13 Perak, 24 Perunggu (53 medali)


7. Riau: 14 Emas, 18 Perak, 15 Perunggu (47 medali)


8. Kalimantan Timur: 12 Emas, 24 Perak, 29 Perunggu (65 medali)


9. NTB: 8 Emas, 6 Perak, 4 Perunggu (18 medali)


10. Lampung: 8 Emas, 5 Perak, 6 Perunggu (19 medali).


Perolehan medali PON XX Papua tersebut masih akan berlanjut hingga 15 Oktober 2021. Untuk info selengkapnya terkait perolehan medali bisa cek di laman https://games.ponxx2021papua.com/medalist.

Simak Video "Freeport Libatkan UMKM Meriahkan PON XX Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia