Nyaris Saingi IQ Einstein, Balita Ini Kuasai Tabel Periodik - Bahasa Isyarat

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Kamis, 07 Okt 2021 13:37 WIB
Kashe Quest
Foto: Instagram @kashequest/Nyaris Saingi IQ Einstein, Balita Ini Kuasai Tabel Periodik - Bahasa Isyarat
Jakarta - Anak 2 tahun asal California, Amerika Serikat disebut-sebut sebagai bocah jenius. Pasalnya, bocah yang bernama Kashe Quest ini dilaporkan memiliki IQ di atas anak seusianya bahkan hampir menyaingi IQ sang tokoh kecerdasan dunia Albert Einstein.

Dilaporkan dari CNN, Quest memiliki IQ mencapai 146 yang terpaut 14 poin dari IQ Albert Einstein, yakni 160. Bahkan, Quest juga menyaingi IQ dari rata-rata orang dewasa di Amerika yang mencapai 100.

Untuk itu, Quest dinobatkan menjadi anggota termuda dari sebuah komunitas terbesar orang dengan IQ tinggi di Amerika Serikat, Mensa. Perlu diketahui, untuk terhitung dalam kualifikasi keanggotaan Mensa, seseorang harus masuk dalam kategori 2% manusia-manusia cerdas di dunia.

"Orang tua Quest memutuskan untuk membawanya ke psikolog yang melakukan tes Mensa. Hasilnya? Quest memiliki IQ 146. Untuk bergabung dengan Mensa, pelamar harus mendapat skor sama dengan atau di atas persentil ke-98 pada tes kecerdasan standar," tulis CNN, dikutip Kamis (7/10/2021).

Menurut penuturan ibu Quest, Sukhjit Athwal, perkembangan kejeniusan Quest mulai terlihat setelah Quest berhasil mengucapkan kata pertamanya. Bocah kecil itu mulai berbicara dengan kalimat yang mengandung lima kata atau lebih.

Dokter anak yang biasa menangani Quest juga melihat kejeniusannya. Kemudian, mereka melakukan pemeriksaan saat Quest masih berusia 18 bulan. Hasilnya menakjubkan, Quest sudah bisa menyebutkan alfabet, angka, warna, dan bentuk dalam usia yang bahkan belum menginjak 1 tahun.

"Dia menunjukkan pada kami, lebih dari biasa, kecenderungannya untuk mengeksplor hal-hal di sekitarnya dan bertanya 'mengapa'. Jika dia tidak tahu sesuatu, dia ingin tahu apa itu dan bagaimana caranya berfungsi dan sekali dia belajar, dia bisa melakukannya," kata ayah Quest, Devon kepada CNN.

Kemudian saat memasuki usia 2 tahun, kecerdasan Quest semakin terlihat dalam bidang geografi, bahasa, matematika, dan pengetahuan umum. Mulai dari mengidentifikasi simbol tabel periodik hingga memahami bahasa isyarat Amerika.

"Dia (Quest) dapat membedakan 50 negara bagian berdasarkan bentuk atau peta, melafalkan alfabetnya, mengidentifikasi simbol tabel periodik, menghitung hingga 100, dan memahami lebih dari 50 bahasa isyarat Amerika (ASL)," ungkap Athwal yang dilansir dari situs New York Post.

[Gambas:Instagram]

Meskipun memiliki anak yang jenius, Athwal mengatakan bahwa dirinya tidak memaksakan apapun pada anaknya. Semua kecerdasan yang dipertunjukkan Quest disebut muncul secara alami.

"Kami (orang tua Quest) mengikuti 'lajunya' dan kami hanya ingin memastikan bahwa dia masih muda selama dia bisa," kata dia.

Athwal juga mengakui bahwa Quest masih memiliki tingkah yang sama dengan bocah seusianya. Seperti mengamuk (tantrum), menangis, dan sebagainya.

"Pada akhirnya, dia dalam tahap balita itu. Jadi dia masih berusia dua tahun yang normal di mana memiliki argumen, mengamuk, dan sebagainya," pungkas Athwal.

Wah, keren banget ya, detikers!

Simak Video "Balita di Kota Batu Disiksa Calon Ayah Tiri, Kulit Melepuh hingga Berdarah"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia