Dear Pelajar, Ketahui 6 Cara Disiplin Diri dan Manfaatnya

Lusiana Mustinda - detikEdu
Selasa, 28 Sep 2021 13:00 WIB
Belajar di rumah
Foto: iStock
Jakarta - Disiplin diri merupakan keterampilan yang sangat berharga dan perlu dipelajari serta dikembangkan selama hidup kita.

Sebagai seorang siswa, kita sering mengalami periode-periode gangguan dalam hidup. Sehingga ini menjadi salah satu hal penting untuk mengembangkan disiplin diri agar berhasil melewati masa-masa yang kurang motivasi.

Disiplin diri tidak datang secara alami, kita harus menemukan dan mengembangkan disiplin diri ini. Adapun manfaat dari disiplin diri adalah kekuatan untuk mencapai suatu tujuan, memiliki perasaan mengendalikan diri sendiri, membantu mencapai tujuan dan juga memberikan kesempatan untuk diri sendiri agar tidak mudah menyerah.

Langkah-langkah untuk disiplin diri


Untuk siswa yang ingin mulai belajar dan mengembangkan disiplin diri sendiri, bisa memulai dari sini. Berikut tahapannya yang dilansir dalam uopeople.edu :

1. Ketahui kekuatan dan kelemahan kita

Apakah kamu selalu menghindari esai dan mulai bekerja mendekati deadline. Mulailah dengan mengantisipasi bahwa kamu mungkin mengalami kesulitan melalui kelas atau proyek tertentu dan terlebih membuat rencana untuk membatasi gangguan, meningkatkan sistem penghargaan dan menjadwalkan waktu belajar yang tidak dapat dinegosiasikan ke dalam agenda mingguan.

2. Ketahui kapan kamu termotivasi


Jika kamu merasa baik-baik saja dan mengerjakan tugas tanpa masalah, luangkan waktu sejenak untuk memperhatikan apa yang membuatnya lebih mudah bagi kamu dan tuliskan.

Apakah playlist musik kamu saat ini? Atau sarapan yang enak untuk membangun mood di pagi hari? Perhatikan faktor-faktor ini yang meningkatkan motivasi dan produktivitas. Kemudian, kamu dapat membuat rencana untuk menambahkan faktor-faktor motivasi ini kapan pun.

3. Kenali kekurangan

Ketika kamu mendapati diri terganggu, catatlah situasi sehingga kamu dapat menghindari perangkap yang sama. Misalnya, jika teman sekamar kita selalu pulang sore dan kamu mendapati diri sering mengobrol dan kehilangan fokus, cobalah untuk tidak menjadwalkan waktu belajar di jam tersebut.

Selain itu cobalah membatasi gangguan waktu menonton atau bermain hp. Hal ini bisa jadi salah satu cara kamu belajar disiplin diri.

4. Tetap positif

Meskipun sedang mengalami kendala, kamu jangan sampai kehilangan harapan. Jika merasa kehilangan kendali atas tindakan diri buatlah catatan tentang hal itu dan diri sendiri untuk tidak mengulanginya lagi.

Berpikir positif dan tetap semangat untuk menggapai kesuksesan dengan disipilin diri.

5. Dapatkan dukungan

Cara yang bagus untuk menghentikan gangguan belajar adalah dengan memulai atau bergabung dengan kelompok belajar, dimana seluruhnya fokus pada menyelesaikan tugas. Kamu juga dapat memberi tahu anggota keluarga, dan teman untuk menjelaskan kapan waktu kamu belajar sehingga mereka akan mendukung konsentrasi kamu.

6. Menjadi lebih baik dalam manajemen waktu


Manajemen waktu yang baik dapat membantu kamu menunda sehingga tujuan dapat tercapai secara optimal. Cara yang bisa kamu lakukan adalah menyusun agenda harian, membuat target belajar, sesuaikan tugas sekolah atau kampus lebih awal, konsisten dan lakukan evaluasi.

Itulah beberapa tips menjalankan disiplin diri agar tugas-tugas sekolah dan kuliah kita dapat selesai dengan baik. Selamat mencoba ya detikers!



Simak Video "Keren! Bocah di Gunungkidul Raup Jutaan Rupiah dari Beternak Kelinci"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia