5 Pasangan Publik Figur Lulusan Luar Negeri, Couple Goals Berprestasi

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 04 Okt 2021 13:10 WIB
Nadiem Makariem dan Istri
Foto: Instagram @nadiemmakarim/5 Pasangan Publik Figur Lulusan Luar Negeri, Couple Goals Berprestasi
Jakarta -

Berkuliah di luar negeri menjadi impian semua orang. Bahkan tidak sedikit mahasiswa Indonesia berlomba-lomba mengejar beasiswa demi menggapai mimpi untuk mengenyam pendidikan di luar negeri.

Tidak terkecuali bagi sederet pasangan publik figur ini. Mereka yang pernah atau sedang mengejar pendidikan di negeri orang juga mendapat pasangan yang 'setipe', sama-sama memiliki latar belakang pendidikan di luar negeri.

Nah, untuk itu detikEdu berhasil merangkum deretan pasangan publik figur yang sama-sama berkuliah di luar negeri. Ada siapa saja ya?

5 Pasangan Publik Figur Lulusan Luar Negeri

1. Acha Septriasa dan Vicky Kharisma

Acha Septriasa dan Vicky KharismaAcha Septriasa dan Vicky Kharisma Foto: Ismail/detikHOT

Jelita Septriasa, atau yang dikenal dengan nama Acha Septriasa, meraih beasiswa dari Limkokwing University Of Creative Techonology, Cyberjaya Malaysia. Aktris kelahiran 1 September 1989 ini diinformasikan hanya membayar 20% dari total biaya pendidikannya.

Acha dikabarkan menikah pada 11 Desember 2016 dengan Vicky Kharisma. Pria yang juga diketahui pernah berkuliah di salah satu universitas di Malaysia. Melalui kanal Youtube Acha Septriasa, mereka mengakui bahwa awal mula bertemu saat keduanya berkuliah di kampus Malaysia tersebut. So sweet!

2. Tasya Kamila dan Randi Bachtiar

Tasya Kamila dan Randi BachtiarTasya Kamila dan Randi Bachtiar Foto: Hanif/detikcom

Mantan penyanyi cilik Tasya Kamila menempuh pendidikan di jurusan jurusan Master of Public Administration, Columbia University dengan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) penuh selama pendidikan. Sebelumnya, ibu satu anak ini menyelesaikan pendidikan S1 di jurusan Akuntansi, Universitas Indonesia.

Tasya dan suami, Randi Bachtiar, memutuskan untuk menjalin ikatan suci pada 5 Agustus 2018. Usut punya usut, seperti yang dilansir dari Linkedin pribadi Randi Bachtiar, ternyata keduanya menempuh pendidikan S2 di kampus yang sama yakni, Columbia University. Randi juga diketahui pernah mengenyam pendidikan S1 di Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB).

3. Najwa Shihab dan Ibrahim Sjarief Assegaf

Najwa Shihab dan Ibrahim AssegafNajwa Shihab dan Ibrahim Assegaf Foto: Instagram @najwashihab

Jurnalis dan aktivis Najwa Shihab mengambil konsentrasi hukum media di Melbourne Law School Australia dengan beasiswa penuh Australian Leadership Awards. Wanita kelahiran 16 September 1977 juga mendapat penghargaan Young Global Leader (YGL) 2011 dari World Economic Forum.

Perempuan cerdas ini kemudian memutuskan menikah dengan Ibrahim Sjarif Assegaf pada tahun 1997 silam. Diketahui, sang suami yang juga kelahiran tahun 1977 itu berprofesi sebagai pengacara di Assegaf Hamzah and Partners.

Bahkan bersama dengan sang istri, Ibrahim juga pernah berkuliah S2 di Melbourne, Australia yakni, University of Melbourne dengan gelar LLM.

4. Nadiem Makarim dan Franka Franklin

Nadiem Makariem dan IstriNadiem Makariem dan Istri Foto: Instagram @nadiemmakarim

Pendiri startup decacorn Gojek yang kini menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ini menempuh pendidikan tinggi di jurusan International Relations, Brown University, Amerika Serikat. Nadiem Makarim juga mengikuti pertukaran pelajar di London School of Economics, Britania Raya.

Pria kelahiran 4 Juli 1984 ini lalu mengambil pendidikan Master of Business Administration di Harvard Business School, Amerika Serikat. Tidak kalah dengan Nadiem, ternyata sang istri juga pernah berkuliah di Belanda, Inggris, dan Singapura.

Melansir dari profil Linkedin pribadinya, Franka merupakan lulusan Hogeschool Rotterdam di Belanda, Northumbria University di Inggris, dan Raffles Design Institute Singapore.

5. Belva Davara dan Sabrina Anggraini

Adamas Belva Devara dan Sabrina AnggrainiAdamas Belva Devara dan Sabrina Anggraini Foto: Dok. Instagram @belvadevara

Belva Devara adalah pengusaha sekaligus pemilik dari platform belajar daring yang populer di Indonesia, yaitu Ruangguru. Pria kelahiran 30 Mei 1990 ini ternyata memiliki latar belakang pendidikan yang menakjubkan. Ia merupakan lulusan Nanyang Technological University (NTU), Massachusetts Institute of Technology (MIT), Stanford University, hingga Harvard University.

Namun, tidak hanya Belva yang merupakan alumni kampus ternama dunia. Kekasih Belva, Sabrina, juga melanjutkan pendidikan tingginya di MIT lho. Saat ini, ia tengah menempuh pendidikan master di MIT dengan jurusan System Design and Management.

Usut punya usut, Belva bahkan melamarnya di Killian Court atau tepatnya di depan gedung MIT itu sendiri pada hari ini (4/9/2021), seperti yang dilansir dari akun Instagram pribadi Belva. Wah, romantis banget ya pasangan duo MIT!

Keren-keren semua ya, detikers! Tertarik ikut jejak mereka nggak nih?



Simak Video "Tasya cuman kode embed"
[Gambas:Video 20detik]
(rah/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia