10 Tokoh Lulusan Kampus Luar Negeri, dari Najwa Shihab sampai Cinta Laura

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 17 Jul 2021 21:00 WIB
Cinta Laura
Foto: Instagram Cinta Laura
Jakarta -

Kuliah di luar negeri menjadi impian siswa-siswi Indonesia. Tidak heran, beasiswa S1 luar negeri hingga beasiswa doktor luar negeri menjadi incaran calon mahasiswa asal Indonesia.

Impian kuliah di universitas luar negeri terbaik detik.com/tag/universitas-terbaik bisa banget diraih, lho. Para tokoh publik di Indonesia sudah membuktikan bahwa siswa asal Indonesia juga bisa berkuliah di luar negeri dengan beasiswa, berprestasi akademik, dan non akademik hingga mendapat gelar cumlaude, serta kembali ke Indonesia untuk mengabdikan ilmunya.

Berikut 10 tokoh Indonesia lulusan kampus luar negeri berprestasi yang dirangkum detikEdu:

1. Isyana Sarasvati

Penampilan Isyana Sarasvati mirip karakter The Penthouse 2.Penampilan Isyana Sarasvati mirip karakter The Penthouse 2. Foto: Instagram/@isyanasarasvati

Penyanyi dan pencipta lagu Isyana Sarasvati adalah lulusan Nanyang Academy of Fine Arts Singapore (NAFA), Singapura. Kelahiran 2 Mei 1993 yang sempat menjadi penyanyi opera di Singapura ini kemudian menerima bantuan dana pendidikan di Royal College of Music (RCM), Inggris dan dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude.

2. Cinta Laura

Gaya simple Cinta LauraGaya simple Cinta Laura Foto: Instagram/@claurakiehl

Aktris dan penyanyi Cinta Laura lulus dari Columbia University di Amerika Serikat dalam tiga tahun dengan predikat cumlaude pada dua jurusan sekaligus, yaitu Psikologi dan Sastra Jerman. Sebagai informasi, predikat cumlaude di kampusnya pada tahun tersebut hanya diberikan pada top 20% dari total 1.000 mahasiswa.

Kelahiran 17 Agustus 1994 ini kemudian turut aktif di bidang pendidikan melalui yayasan pendidikan milik keluarga ibunya, Yayasan Soekarseno Peduli, yang mendirikan sejumlah sekolah berbagai jenjang di di kaki Gunung Salak, Bogor.

3. Acha Septriasa

Acha SeptriasaAcha Septriasa Foto: Noel/detikHOT

Jelita Septriasa, atau yang dikenal dengan nama Acha Septriasa, meraih beasiswa dari Limkokwing University Of Creative Techonology, Cyberjaya Malaysia. Aktris kelahiran 1 September 1989 ini diinformasikan hanya membayar 20% dari total biaya pendidikannya.

4. Vidi Aldiano

vidi aldianovidi aldiano Foto: instagram @vidialdiano

Vidi Aldiano menempuh pendidikan S2 di universitas di Inggris, tepatnya Master of Science jurusan Innovation Management and Entrepreneurship di University of Manchester, Inggris dan lulus dengan predikat cumlaude. Penyanyi bernama asli Oxavia Aldiano ini menerima beasiswa pendidikan dari kampusnya.

5. Tasya Kamila

Romantisnya Tasya Kamila Saat Candle Light Dinner dengan Sang SuamiRomantisnya Tasya Kamila Saat Candle Light Dinner dengan Sang Suami Foto: Instagram @tasyakamila

Mantan penyanyi cilik Tasya Kamila menempuh pendidikan di jurusan jurusan Master of Public Administration, Columbia University dengan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) penuh selama pendidikan. Sebelumnya, ibu satu anak ini menyelesaikan pendidikan S1 di jurusan Akuntansi, Universitas Indonesia.



Simak Video "Rilis Single 'Markisa', Cinta Laura Usung Budaya Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia