5 Cara Seru Rayakan Bulan Gemar Membaca

Inkana Izatifiqa R Putri - detikEdu
Rabu, 15 Sep 2021 19:07 WIB
Ilustrasi membaca.
Foto: Shutterstock
Jakarta - Pemerintah telah meresmikan bulan September sebagai Bulan Gemar Membaca. Dicanangkan sejak tahun 1995, momen spesial ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas membaca masyarakat di seluruh Indonesia.

Berdasarkan survei indeks kajian membaca tahun 2020 dari Perpusnas, indeks kegemaran membaca Indonesia terus meningkat dan telah masuk ke dalam kategori sedang dengan angka 55,74%. Selain itu, jumlah perpustakaan di Indonesia per tahun 2020 juga telah meningkat dan mencapai 164.610 perpustakaan.

Membaca memang memberi berbagai manfaat mulai dari memperluas wawasan, menambah ilmu dan pengetahuan, hingga memperkaya kosa kata. Tak hanya itu, membaca ternyata juga dapat melatih fokus dan konsentrasi, meningkatkan daya ingat, menurunkan risiko stres, serta mengasah kreativitas lho.

Namun bagi beberapa orang, membaca terkesan menjadi hal yang membosankan. Padahal, ada banyak cara seru yang bisa dilakukan agar aktivitas membaca jadi lebih menyenangkan seperti berikut.

Ciptakan Suasana Nyaman

Salah satu cara paling ampuh untuk membantumu fokus dan tak cepat bosan saat membaca adalah dengan menciptakan suasana nyaman. Singkirkan sejenak ponselmu agar aktivitas kamu tidak terganggu dengan notifikasi yang muncul saat membaca. Selain itu, kamu juga bisa pesan berbagai macam camilan agar semakin betah membaca. Kamu pun bisa memesan kopi favorit dari Kopi Kenangan, Maxx Coffee, Fore Coffee, dan Jiwa+ dengan menggunakan promo ShopeePay Super Online Deals agar makin hemat.

Pilih Buku Sesuai Hobi

Kini, ada beragam jenis buku yang bisa kamu nikmati sesuai dengan hobi, minat dan kesukaan. Buku seputar dunia fesyen, makeup, dan beauty juga sudah telah banyak dipublikasikan. Biasanya, buku-buku tersebut membahas seputar perkembangan tren dan industri, hingga teknik-teknik dalam ilmu tata rias. Bahkan, ada juga buku yang didedikasikan untuk para gamers, lho. Buku-buku tersebut biasanya diterbitkan untuk menjawab tantangan dari game-game terkait dan membagikan rahasia, tips, dan trik saat bermain game.

Bacalah buku yang membahas soal hobimu untuk meningkatkan minat bacamu. Setelah itu, kamu bisa langsung mempraktikkannya di platform hobi dan hiburan favoritmu seperti Upoint, Vogaon, Ximpay untuk yang hobi gaming, membeli peralatan makeup kekinian di Sociolla dan BLP Beauty bagi para pecinta beauty, atau mengasah skill masak menggunakan berbagai bahan segar dari Yogya Online, Tanihub, serta Pasarnow.

Bertukar Buku dengan Teman

Agar kamu makin semangat baca, kamu juga bisa mengajak sahabat-sahabatmu untuk melakukan kegiatan seru, salah satunya dengan bertukar buku. kegiatan ini bisa mendorong kamu untuk mengeksplorasi lebih banyak jenis buku. Selain itu, kamu bisa membentuk klub buku di lingkungan kamu dengan menentukan topik untuk pilihan buku setiap bulannya agar semakin menarik. Kamu bisa mengirim buku favoritmu untuk sahabatmu dengan menggunakan jasa logistik Anteraja, Paxel, atau bahkan Cabaca jika kamu ingin mencoba pengalaman buku digital.

Eksplor Referensi dari Banyak Sumber

Merasa kesulitan untuk mengumpulkan niat membaca? Cobalah untuk perluas referensi menggunakan berbagai macam sumber. Kamu bisa mengintip akun-akun komunitas pecinta buku untuk mengetahui rekomendasi buku terbaru sesuai selera. Eksplorasi juga platform lain untuk menemukan preferensi, mulai dari blog pribadi, forum-forum komunitas, hingga podcast yang me-review buku terkini. Kamu pun bisa memanfaatkan situs edukasi, seperti Zenius dan Englishnesia sebagai referensi pembelajaran untuk memperluas wawasan.

Buat Target Membaca

Tips terakhir ini dapat kamu terapkan untuk meningkatkan motivasi membacamu. Buatlah target membaca mulai dari per minggu, per bulan, hingga per tahun. Cara ini cukup efektif untuk diterapkan, khususnya buat kamu yang tak hobi membaca. Agar makin semangat, kamu bisa beri self-reward setiap berhasil mencapai target baru. Kamu bisa cari inspirasi self-reward dari Belamy Store, Dresssofia, dan Footfit.

Nah, itulah lima tips jitu yang dapat menjadi langkah awalmu untuk terus meningkatkan aktivitas membaca. Jangan lupa manfaatkan promo ShopeePay Super Online Deals dari tanggal 15-21 September 2021 agar semakin hemat.

ShopeePayFoto: dok. ShopeePay

ShopeePay Super Online Deals menghadirkan beragam promo mulai dari cashback hingga 100%, Flash Sale Rp10 dari 15-18 September, hingga ShopeePay Deals Rp1 pada 19-21 September. Seluruh promo ini dijamin akan membuat kamu jadi makin semangat untuk membaca buku.

Selain sederet merchant yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menikmati promo cashback hingga 100% saat melakukan transaksi online di IndoGold, Tiket.com, Viu, Nikijeans, Alfagift, Garuda Voucher, Aido Health, dan lainnya. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai ShopeePay Super Online Deals di tautan ini. Selamat membaca!

Simak Video "Suku Rimba Antusias Belajar Membaca dan Berhitung, Jambi"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia