Greysia/Apriyani Menang, Ini Daftar Hadiah Olimpiade Tokyo yang Perlu Siswa Ketahui

Puti Yasmin - detikEdu
Rabu, 04 Agu 2021 14:15 WIB
TOKYO, JAPAN - JANUARY 21: The Olympic rings are seen outside the  New National Stadium in Tokyo on January 21, 2020 in Tokyo, Japan. (Photo by Clive Rose/Getty Images)
Foto: Photo by Clive Rose/Getty Images/Greysia/Apriyani Menang, Ini Daftar Hadiah Olimpiade Tokyo yang Perlu Siswa Ketahui
Jakarta - Greysia Polii dan Apriani Rahayu berhasil mendapatkan medali emas pada sektor bulu tangkis ganda putri di Olimpiade Tokyo 2020. Ia pun mendapatkan banyak hadiah. Apa saja daftar hadiah Olimpiade Tokyo 2020?

Hadiah Olimpiade Tokyo 2020:

  • 1. Bonus dari Pemerintah

Hadiah peraih medali emas olimpiade yang utama adalah bonus sebesar Rp 5 miliar dari pemerintah Indonesia. Hal ini juga ditegaskan oleh Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto bahwa bonus Olimpiade Tokyo medali emas Rp 5 miliar, perak Rp 2 miliar, dan perunggu Rp 1 miliar.

"Ukurannya meraih prestasi itu tak mudah. Perunggu atau perak saja sulit, apalagi emas. Jadi, bonusnya tak akan lepas dari nilai Rp 5 miliar itu, bahkan biasanya diberikan sebelum keringat atlet kering, nggak menunggu lama-lama," kata dia dalam keterangan resmi yang dikutip detikcom.

Total hadiah Olimpiade Tokyo 2020 badminton yang diberikan kepada atletnya ini juga menjadi tertinggi ke-2 setelah Singapura. Diketahui, Singapura menghadiahi uang sebesar US$ 737.000 atau setara Rp 10,6 miliar (kurs Rp 14.500) untuk medali emas.

  • 2. Hadiah dari Menkominfo dan Rekan

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate akan memberikan bonus kepada atlet Indonesia yang meraih medali di Olimpiade Tokyo 2020. Rencananya, bonus tersebut berasal dari dompet pribadi dan teman-temannya.

Sementara itu Menpora Zainudin Amali membenarkan rencana Menkominfo.

"Nanti pada saatnya akan diumumkan. Menkominfo Johnny G Plate menyampaikan bahwa itu dari dana pribadi beliau dan akan mengajak teman-temannya juga untuk ikut memberi apresiasi kepada para pahlawan olahraga nasional yang sudah mengibarkan Merah Putih di kancah tertinggi perhelatan olahraga dunia," kata Menpora.

  • 3. Hadiah dari Para Pengusaha

Tak hanya dari pemerintah, ada banyak pengusaha yang mengapresiasi kemenangan para atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Bahkan, mereka turut memberikan hadiah kepada mereka.

CEO J99 Corp Gilang Widya Pramana yang akrab dikenal sebagai Crazy Rich Malang akan memberikan Rp 500 juta kepada peraih emas, Rp 250 juta untuk medali perak, dan Rp 100 juta medali perunggu.

Selain itu, YouTuber sekaligus pengusaha Bakso Aci Akang Arief Muhammad berjanji memberikan cabang bakso aci miliknya untuk Greysia dan Apriyani. Masing-masing akan mendapatkan satu cabang toko.

  • 4. Liburan ke Destinasi Super Prioritas

Daftar hadiah Olimpiade Tokyo 2020 yang lain berasal dari Menparekraf Sandiaga Uno. Ia berjanji akan memberikan hadiah berupa kunjungan ke lima destinasi super prioritas di Indonesia untuk Greysia/Apriyani.

Tak lupa, Sandiaga juga mengajak mereka serta Wakatobi. Sebab, kedua atlet ini diketahui berasal dari tanah Sulawesi.

  • 5. Hadiah Emas 3 kg dari Pegadaian

Para atlet asal Indonesia yang berhasil menyabet medali di Olimpiade Tokyo 2020 juga akan mendapatkan tabungan emas seberat 3 kg. Hal ini sebagai bentuk apresiasi dari PT Pegadaian (Persero) kepada para atlet.

  • 6. Rumah di PIK

Daftar hadiah Olimpiade Tokyo 2020 untuk Greysia/Apriyani terakhir adalah rumah di Pantai Indah Kapuk (PIK). Rumah yang berkawasan di PIK2 tersebut diberikan oleh Agung Sedayu Group.

Selamat ya kepada para atlet di Olimpiade Tokyo 2020!

Simak Video "Dukungan Warganet untuk Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia