Siap-siap! Pemerintah Bakal Buka Kembali CASN PPPK Guru di Tahun Depan

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 23 Jul 2021 18:10 WIB
Seorang guru saat mengajar muridanya di lantai karena kekurangan bangku dan meja di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Tegal 04, Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (31/7/2019). Kekurangan meja dan bangku di SDN 04 Tegal sudah hampir dua tahun lalu sehingga murid terpaksa belajar di lantai, bahkan pihak sekolah sudah mengusulkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor namun belum ada realisasinya.
Foto: Lamhot Aritonang/Siap-siap! Pemerintah Bakal Buka Kembali CASN PPPK Guru di Tahun Depan
Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berencana untuk membuka kembali CPNS PPPK Guru di tahun depan. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nunuk Suryani.

"Insyaallah akan dilanjut di tahun berikutnya," kata dia dalam kesempatan virtual bertajuk Perpanjangan Seleksi Calon Guru ASN-PPPK tahun 2021 pada Jumat (23/07/2021).

Penyebabnya, kebutuhan guru ASN di Indonesia masih belum bisa dipenuhi melalui seleksi CPNS PPPK Guru 2021. Dirinya menyampaikan bahwa dengan memperhitungkan guru pensiun di tahun ini, maka jumlah pengajar yang dibutuhkan adalah lebih dari satu juta guru.

"Sebenarnya kalo bicara kebutuhan, itu seperti yang disampaikan Mas Menteri (Nadiem Makarim) pada saat tahun 2020, kalau yang dihitung sampai yang pensiun tahun 2021, itu satu juta dua puluh ribu. Sekitar satu juta lebih," jelasnya.

Dibanding jumlah tersebut, Nunuk menyampaikan bahwa pemerintah daerah awalnya hanya mengajukan 516 ribu formasi. Kemudian, jumlah ini turun lagi menjadi hanya 506 ribu.

Nunuk menegaskan "Jadi sebenarnya kalau pun ini diterima semua, itu jumlah guru non ASN di sekolah negeri 700 ribu, Itu probabilitasnya untuk diterima itu besar sekali kalau memang memenuhi passing grade yang ditetapkan."

Senada dengan itu, Asdep Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kemenpan RB, Katmoko Ari Sambodo juga menyebutkan bahwa jumlah formasi PPPK Guru 2021 di daerah adalah sebesar 506.316. Sementara, di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) ada 9.454.

Hingga tanggal 23 Juli 2021 pukul 12.00 WIB, Direktur Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara-BKN, Heni Sri Wahyuni menuturkan bahwa jumlah pelamar PPPK Guru 2021 yang sudah mengisi formulir adalah 620.552 peserta. Sementara, yang telah menyelesaikan hingga tahap submit baru 605.980 peserta.

Simak Video "Siap-siap! Pendaftaran CPNS-PPPK 2021 Diumumkan Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia