Profil Rektor UI Ari Kuncoro yang Dibicarakan Terkait Statuta

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 21 Jul 2021 19:20 WIB
Rektor UI Ari Kuncoro
Foto: Rahel/detikcom/Profil Rektor UI Ari Kuncoro yang Dibicarakan Terkait Statuta
Jakarta - Rektor UI atau Universitas Indonesia Ari Kuncoro ramai diberitakan terkait perubahan Statuta UI. Peraturan Pemerintah Nomor 75 Tahun 2021 tentang Statuta UI digantikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Statuta UI.

Perubahan poin tersebut terkait rangkap jabatan yang sebelumnya ada di pasal 35 dalam PP Nomor 68 Tahun 2013 tentang Statuta UI menjadi pasal 39 dalam PP Nomor 75 Tahun 2021 tentang Statuta UI .

Pada versi lama, pasal 35 poin c berbunyi 'Rektor dan wakil Rektor dilarang merangkap sebagai pejabat pada badan usaha milik negara/daerah maupun swasta'. Sementara, pada pasal 39 poin c berbunyi 'Rektor dan wakil Rektor, sekretaris universitas, dan kepala badan dilarang merangkap sebagai direksi pada badan usaha milik negara/daerah maupun swasta'.

Profil Rektor UI Ari Kuncoro

Ari Kuncoro sendiri menjabat posisi rektor UI untuk periode 2019-2024.

Sebelum menjadi rektor UI, pria kelahiran 1962 ini merupakan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI. Selain itu, Ari pernah menjadi Sekretaris Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi. Ari juga merupakan professor tamu di sejumlah kampus di Australia dan Amerika Serikat.

Di samping kegiatan akademik, Ari adalah member dari East Asian Economist Association. Ia menjabat pula di salah satu bank plat merah sebagai wakil komisaris utama/independen sejak 2020.

Sebelumnya, dirinya pernah menjadi Komisaris Utama/Independen PT PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk di tahun 2017 hingga 2020.

Ia menempuh gelar sarjana di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Kemudian ia melanjutkan pendidikan S2 di university of Minnesota dan S3 di Brown university.

Sejak tahun 1986, Ari bekerja di Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI sebagai asisten peneliti. Kemudian pada 1994 ia menjadi Research Associate LPEM FEB UI.

Di bidang penelitian, rektor UI ini fokus pada studi ekonomi perkotaan, ekonomi pembangunan, ekonometrika, dan organisasi industri.

Simak Video "Tanda Tangan Jokowi Bikin Rektor UI Bisa Rangkap Jabatan"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia