Soal Tes Pertamina BPS 2021, Ini Kisi-kisi Ujiannya

Trisna Wulandari - detikEdu
Senin, 19 Jul 2021 17:48 WIB
Kantor Pertamina
Foto: Danang Sugianto/detikFinance/Soal Tes Pertamina BPS 2021, Ini Kisi-kisi Ujiannya
Jakarta - Pertamina Group membuka lowongan Bimbingan Profesi Sarjana atau BPS Pertamina 2021 bagi lulusan S1/D4 dari berbagai jurusan sejak Juni 2021. Agar lulus, detikers bisa pelajari soal tes Pertamina 2021 di sini.

Rekrutmen Pertamina Group untuk jenjang S1 dan D4 jalur BPS Pertamina 2021 dibuka untuk PT Pertamina Lubricants (PTPL), PT Pertamina Patra Niaga (PTPPN), PT Pertamina International Shipping (PIS), PT Pertamina Lubricants sampai PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI).

Supervisor District HSE Pertamina Gas Ilham Muawwal Subhan menjelaskan, tahap seleksi BPS Pertamina 2021 terdiri dari Seleksi Berkas, Tes Kemampuan Dasar/Tes Kemampuan Bidang (TKD/TKB), Online Interview, Numeric Agility, Interview User dan HR 2, Medical Check Up, dan Interview Top Management.

Ia menambahkan, pelamar yang lulus di tahap interview dengan top management dinyatakan menjadi peserta pendidikan Bimbingan Sarjana Profesi Sarjana (BPS). Peserta kemudian akan melanjutkan pendidikan yang diakhiri tes penentuan untuk menilai kelayakan menjadi karyawan tetap Pertamina.

Ilham menuturkan, ada sejumlah komponen soal BPS Pertamina 2021 pada Tes Kemampuan Dasar/Tes Kemampuan Bidang (TKD/TKB) yang akan diujikan secara online.

"Soal yang akan diujikan cukup banyak dalam waktu singkat, jadi pastikan kamu terhidrasi tapi tidak berlebihan agar tidak ingin ke toilet selama tes," kata Ilham dalam webinar BPS Pertamina 2021 di kanal YouTube Rumah Kepemimpinan, Jumat (16/7/2021).

Kisi-kisi soal tes Pertamina 2021 TKD atau TKB

  • 1. Tes Kemampuan Logika

Ilham menjelaskan, tahap Tes Kemampuan Logika terdiri dari 7 sub bab dengan objek tes mencakup verbal, numerik, dan bangun ruang. Ia mengingatkan, tips lulus BPS Pertamina 2021 adalah adalah perbanyak latihan soal psikotes dan logika dari berbagai sumber.

"Setiap tahun akan beda soal. Teman-teman bisa cari soalnya dari buku psikotes atau latihan psikotes di internet dan YouTube, Soalnya pendek tetapi banyak, jadi selesaikan soal sebanyak mungkin dalam waktu 3 menit," kata Ilham.


Contoh soal tes pertamina 2021 - Tes Kemampuan Dasar sebagai berikut:

a. Subtes 1: Pasangan huruf, durasi 3 menit
Durasi: 3 menit

contoh soal subtes 1:
Hitung berapa jumlah pasangan huruf yang memiliki perbedaan di bawah:

P p
R r
T r
L l

Jawaban: 1
Pembahasan pasanga huruf yang tidak sama adalah T r

b. Subtes 2: Penarikan kesimpulan
Durasi: 3 menit

contoh soal subtes 2:

Usia Dini 2 kali usia Ahmad. Raka lebih tua dari Dini. Siapakah yang paling tua?

Jawaban: Raka
Pembahasan: Raka lebih tua dari Dini, usia Dini 2 kali usia Ahmad

c. Subtes 3: Selisih jarak huruf
Durasi: 4 menit

contoh soal subtes 3:

Tentukan huruf yang jaraknya terjauh dari huruf tengah di bawah ini:

C
E
H

Jawaban: H
Pembahasan:
E ke H ada jarak dua huruf (F, G)
C ke E ada jarak satu huruf (D)

d. Subtes 4: Selisih jarak angka
Durasi: 4 menit

contoh soal subtes 4:

Tentukan angka yang jaraknya terjauh dari angka tengah di bawah ini:
2
6
9

Jawaban: 2
Pembahasan:
2 ke 6 ada jarak 3 huruf (3, 4, 5)
6 ke 9 ada jarak 2 huruf (7, 8)

Subtes 5: Rotasi pola
Durasi: 5 menit

Subtes 6: Kesamaan pola 2 dimensi
Durasi: 5 menit

Subtes 7: Kesamaan pola 3 dimensi
Durasi: 5 menit

  • 2. Tes Kepribadian

Ilham menjelaskan, Tes Kepribadian terdiri dari tiga sub bab untuk menilai kesesuaian nilai diri dengan nilai-nilai yang dianut Pertamina. Ia menggarisbawahi tips lolos soal tes Pertamina untuk kepribadian, yaitu memahami nilai perusahaan.

"Sekarang, nilai perusahaan di BUMN termasuk Pertamina adalah AKHLAK. Teman-teman harus tahu apa itu AKHLAK, minimal tahu apa itu kepanjangannya, biar lebih mengerti dan memahami," katanya.

  • 3. Tes bahasa Inggris

Ilham menjelaskan, tes bahasa Inggris terdiri dari 50 soal yang mirip dengan tes TOEFL. Fokus tes ini berkisar tentang business english dengan komponen soal structure dan reading.

Ia mengingatkan, calon peserta BPS Pertamina 2021 harus banyak berlatih untuk mengalahkan pesaing dengan rasio cukup tinggi.

"BPS biasanya saingannya 1:1000 dari survei kasarnya, jadi kamu akan mengalahkan 1000 orang untuk bisa jadi peserta BPS," jelasnya.

Gimana detikers, semangat berlatih masuk BUMN, dengan kisi-kisi soal tes Pertamina 2021 ya!

Simak Video "Kebakaran di Tangki Kilang Cilacap Pertamina Dinyatakan Padam"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia