Nadiem Makarim Pamer Makan Mie, Ini Kandungan Gizi dan Kalori di Baliknya

Novia Aisyah - detikEdu
Minggu, 18 Jul 2021 12:40 WIB
Nadiem Makarim Makan Mie
Foto: Instagram Nadiem Makarim/Nadiem Makarim Pamer Makan Mie, Ini Kandungan Gizi dan Kalori di Baliknya
Jakarta - Mendikbudristek Nadiem Makarim memperlihatkan dirinya tengah menyantap mie melalui akun Instagram pribadinya pada Minggu (18/07/2021). Dalam unggahan tersebut, nampak Nadiem tersenyum dengan semangkuk mie di hadapannya.

Ia juga menulis agar setiap orang perlu mengonsumsi makanan yang disukai agar bahagia. Mantan Bos Gojek ini pun bertanya pada followersnya, apa saja menu makanan yang membuat mereka bahagia.

"Siapa sih, yang nggak suka makan mie? Agar bisa tetap bahagia, sesekali kita perlu juga mengikuti keinginan untuk makan menu kesukaan. Apa menu yang kalian bahagia hari ini?"

Apa detikers juga suka menyantap mie? Kira-kira, bagaimana kandungan gizi di balik mie, seperti yang disantap Mendikbudristek Nadiem Makarim ini?

Berapa kandungan kalori dan karbohidrat dalam satu porsi mie?

Seporsi mie rebus 200 gram yang ditambah topping seperti telur, ayam, dan sebagainya, punya kalori 314 kkal energi dan 2,69 gram karbohidrat. Di samping itu, di dalamnya ada 11 gram protein, lalu 16,36 gram lemak, dan 0,3 gram serat.

Akan tetapi, kandungan gizi di atas berbeda dari mie goreng. Racikan mie goreng cenderung memasukkan banyak minyak dan ada tambahan kecapnya.

Untuk seporsi mie goreng dengan topping sama, kandungannya adalah 361,8 kkal dan 3,22 gram karbohidrat. Dalam seporsi mie goreng dengan racikan semacam ini, ada juga protein 11,17 gram, lemak 21,40 gram, dan serat 0,34 gram.

  • Berapa kandungan gizi seporsi mie instan?

Melansir dari Healthline, tiap merk punya kandungan yang bisa berbeda-beda. Kendati demikian, kebanyakan tetap punya kandungan tertentu yang sama.

Hampir semua mie instan punya kalori, serat, dan protein rendah, tetapi tinggi lemak, karbohidrat, sodium, dan beberapa mikronutrien.

Sebungkus ramen rasa sapi misalnya, berisi kandungan sebagai berikut:

1. Kalori: 188

2. Karbohidrat: 27 gram

3. Lemak total: 7 gram

4. Lemak saturasi: 3 gram

5. Protein: 4 gram

6. Serat: 0,9 gram

7. Sodium: 861 gram

8. Thiamine: 43 persen referensi asupan harian (RDI)

9. Folat: 12 persen referensi asupan harian (RDI)

10. Mangan: 11 persen referensi asupan harian (RDI)

12. Zat besi: 10 persen referensi asupan harian (RDI)

13. Niacin: 9 persen referensi asupan harian (RDI)

14. Riboflavin: 7 persen referensi asupan harian (RDI)

Itu dia kandungan seporsi mie seperti yang disantap oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim https://www.detik.com/tag/nadiem-makarim. Detikers juga suka?

Simak Video "Penjelasan Nadiem Makarim soal Alasan PTM Harus Segera Dilaksanakan"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia