Lulus S2 Harvard University, Mikha Tambayong Cerita Perjuangannya Kuliah Online

Fahri Zulfikar - detikEdu
Kamis, 15 Jul 2021 19:30 WIB
Mikha Tambayong
Foto: Instagram @miktambayong
Jakarta - Mikha Tambayong baru saja lulus S2 dari Harvard University. Mikha lulus dari Harvard Business School dengan gelar Magister Manajemen (MM).


Kelulusan ini pun diumumkan melalui unggahan instagram pribadinya. Dalam unggahan tersebut, Mikha juga menuliskan bahwa gelar S2-nya ia persembahkan untuk mendiang Ibunya yang sudah meninggal.


"Maudy Mikha Maria Tambayong, SH, MM, dengan UPH Executive Grad School dan International Graduate Program dari Harvard Business School, serta tambahan short course konsentrasi hukum kontrak dari HarvardX. Dan yang ini untuk Mamaku...kami berhasil. " tulis Mikha dalam akun instagram resminya (13/7).


Sebelum meraih gelar S2 dari Harvard, Mikha mengungkapkan perjuangannya selama belajar, yang dilakukannya tanpa tatap muka, yakni kuliah online.


Bahkan Mikha juga menceritakan perjuangannya dalam menyesuaikan waktu. Hal itu dikarenakan Mikha berada di Indonesia di mana zona waktu dengan kampusnya memiliki perbedaan hingga 11 jam.


"Harus bertahan di kelas online dan mengatasi zona waktu yang berbeda untuk sampai ke titik ini," ungkapnya.


Dalam unggahannya, Mikha juga mengakui bahwa perjuangannya dalam meraih gelar Master di Harvard merupakan bagian dari kesempatan yang diberikan oleh kampus terdahulunya, Universitas Pelita Harapan (UPH).


"Sekarang saya hanya bisa mengakui kesempatan dan keistimewaan, terutama yang diberikan oleh almamater saya Sekolah Pascasarjana Eksekutif UPH," lanjutnya.


Meski terbilang singkat, Mikha mengaku perjuangannya dalam kuliah mampu mengubah hidup karena bisa bertemu teman sekelas dan diajar oleh profesor dari seluruh dunia.


"Bertemu teman sekelas yang luar biasa, menghadiri kuliah yang mengubah hidup oleh profesor dari seluruh dunia, dan mengalami perjalanan singkat saya di Harvard meskipun tidak dapat secara fisik berada di sana, saat ini," tambahnya.


Tak lupa di akhir tulisan dalam unggahannya, Mikha juga mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang sudah mendukungnya selama ini.


"Saya telah mendapatkan gelar Master saya, di sini di rumah dengan orang-orang yang saya cintai. Saya sangat berterima kasih dan tidak akan menerima begitu saja. Saya harap Anda juga menemukan secercah cahaya di tengah kegelapan, tutupnya.

Sebelumnya, Mikha Tambayong telah menyelesaikan pendidikan S1 dari Fakultas Hukum dengan predikat cumlaude di Universitas Pelita Harapan (UPH) pada 2017.


Kemudian, Mikha melanjutkan pendidikan melalui Program International Executive Master of Management (IEMM) UPH.


Melalui program ini, aktris kelahiran 1994 akhirnya mendapatkan kesempatan untuk mengikuti short course atau kursus singkat di Harvard University pada Juni 2020.



Simak Video "Selamat! Mikha Tambayong Lulus dari Harvard "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia