Warga Depok Bisa Isolasi Mandiri Gratis di Asrama UI, Begini Caranya

Puti Yasmin - detikEdu
Selasa, 13 Jul 2021 13:05 WIB
Warga Depok Bisa Isolasi Mandiri Gratis di Asrama UI, Begini Caranya
Foto: Dok UI/Warga Depok Bisa Isolasi Mandiri Gratis di Asrama UI, Begini Caranya
Jakarta - Universitas Indonesia (UI) menyediakan tempat untuk masyarakat yang ingin melakukan isolasi mandiri atau isoman di asrama UI, Depok, Jawa Barat. Pengalihan asrama menjadi tempat isoman telah dilakukan sejak Jumat (9/7) kemarin.

Keputusan pengalihan tempat solasi mandiri dilakukan untuk mendukung upaya pemerintah mempercepat penanganan kasus COVID-19, khususnya di Kota Depok, Jawa Barat.

"Keterlibatan Asrama Mahasiswa UI ini merupakan bagian dari upaya UI untuk mendukung program pemerintah guna percepatan penanganan Covid-19, khususnya di Kota Depok," bunyi keterangan tersebut dikutip dari laman resmi UI, Selasa (13/7/2021).

Adapun, masyarakat yang boleh melakukan isoman adalah pasien positif COVID-19 yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan. Kegiatan ini dikelola oleh Makara Hospitality Management (MHM) UI.

Menurut Kepala Unit Kerja Khusus Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat MHM UI Erick A Soyer, pihaknya berkoordinasi dengan banyak pihak terkait untuk menyediakan tempat isolasi mandiri. Bahkan, ada penyemprotan disinfektan rutin hingga tenaga kesehatan yang siap membantu.

"Sejumlah persiapan dilakukan untuk menyiapkan asrama layak sebagai lokasi isolasi mandiri. Pembersihan dan penyemprotan disinfektan juga akan rutin dilakukan semasa asrama menjadi lokasi pemulihan atau isolasi mandiri. Tak hanya kesiapan secara fasilitas, tim kami juga telah dibekali pengetahuan terkait teknis pelayanan bagi pasien Covid-19 selama menginap di asrama. Terdapat 14 tenaga kesehatan yang terdiri dari 4 dokter, perawat, dan relawan. Seluruh petugas juga diperlengkapi alat pelindung diri yang optimal," ungkap Erick.

Sebelumnya, UI telah menyediakan tempat isolasi mandiri di Wisma Makara dengan 120 tempat tidur dan Pusat Studi Jepang. Kedua tempat telah menjadi lokasi isoman pasien COVID-19 sejak November 2020 lalu.

Cara Isolasi Mandiri di Asrama UI Depok

Sementara itu, untuk dapat melakukan isolasi mandiri di Asrama UI, pasien positif COVID-19 harus membawa rekomendasi ata rujukan tertulis dari Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas setempat dan melakukan beberapa pengecekan.

"Kemudian dilakukan skrining awal berupa pengecekan suhu tubuh, saturasi oksigen, dan tekanan darah. Fasilitas isolasi mandiri di Asrama Mahasiswa UI bersifat gratis, yang diperuntukkan bagi warga yang memiliki KTP atau berdomisili di Kota Depok. Pasien Covid-19 akan menjalani isolasi mandiri di Asrama Mahasiswa UI selama 10 hari dari tanggal dinyatakan positif Covid-19," jelas Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita.

Simak Video "Keluar untuk Ambil Obat, Warga Isoman Malah Diintimidasi Tetangga"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia