Penjelasan IDAI Soal Vaksin Usia Sekolah & Imunisasi Selama PPKM Darurat

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 07 Jul 2021 17:00 WIB
Kemenkes mengizinkan vaksinasi Corona kepada penduduk berusia 18 tahun ke atas. Warga DKI Jakarta berusia di atas 18 tahun kini sudah bisa mendapatkan vaksin COVID-19.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali akan berlangsung hingga 20 Juli 2021 nanti. Daerah yang harus menerapkan kebijakan ini adalah wilayah dengan pandemi level 4 dan 3.

Daerah level 4 dengan penularan paling tinggi mencakup 48 kabupaten/kota. Sementara itu, daerah level 3 mencakup 74 kabupaten/kota.

Mengingat pelayanan kesehatan termasuk sektor kritikal dalam pelaksanaan kebijakan ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberi beberapa keterangan untuk pelaksanaan imunisasi dan vaksin usia 12-17 tahun. Penjelasan ini dikeluarkan pada Selasa (06/07/2021) dan berisi sebagai berikut:

1. Imunisasi rutin di daerah yang melaksanakan PPKM Darurat sebaiknya ditunda selama 3 minggu, terhitung sejak 3 Juli 2021. Dengan catatan, imunisasi Hepatitis B pada bayi baru lahir dan polio dosis pertama tetap diberikan.

2. Selama imunisasi ditunda, orang tua diharapkan memeriksa kelengkapan status imunisasi di buku KIA buku kesehatan ibu dan anak) serta mencatat imunisasi yang tidak bisa diberikan selama PPKM Darurat. Selanjutnya, imunisasi tersebut akan dilengkapi ketika kondisi sudah memungkinkan.

3. Vaksinasi COVID-19 usia 12-17 tetap harus dilakukan sesuai peraturan yang berlaku.

4. Imunisasi di daerah yang tidak melaksanakan PPKM Darurat disarankan tetap dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Selain keempat hal di atas, IDAI memberi imbauan agar anak-anak tidak keluar rumah kecuali untuk kepentingan mendesak, contohnya masalah kesehatan yang serius. Selama PPKM Darurat dan setelahnya, IDAI juga mengimbau untuk menjalankan prokes dengan ketat.



Simak Video "Pakar Kesehatan Tegaskan PPKM Darurat Tak Efektif!"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia