Cinta Laura tentang PJJ dan Sekolah Tatap Muka: Stop Being So Selfish

Trisna Wulandari - detikEdu
Kamis, 17 Jun 2021 12:00 WIB
Cinta Laura Kiehl saat berkunjung ke kantor detikcom.
Cinta Laura bicara soal sekolah tatap muka dan belajar online Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Cinta Laura Kiehl membagikan pandangannya terkait sekolah tatap muka dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) melalui cuitan di akun Twitter @xcintakiehlx, Kamis (17/6/2021).

Selebritas yang lahir di Jerman ini menyebut anak-anak di Indonesia belum mendapat pembelajaran jarak jauh dengan baik karena kendala perangkat dan pendidik.

"Dengan situasi Covid-19 yang semakin parah di kota-kota besar, kemungkinan untuk sekolah tatap muka menjadi lebih kecil. Mungkin untuk kalian yang mempunyai laptop, smartphone, dan internet, kerugian yang kalian alami menjadi tidak begitu besar. But please, stop being so SELFISH!" cuit Cinta dalam akun @xcintakiehlx yang dikutip atas seizin ibunda Cinta Laura, Herdiana Kiehl.

Utasnya tentang sekolah tatap muka dan PJJ di linimasa dimulai dari sebuah cuitan mengenai Cinta berkunjung ke sekolah milik yayasan keluarganya, Pangerasan Education Center. Ia menuturkan, sekolahnya terletak di kaki Gunung Salak, Kabupaten Bogor.

Dalam utas tersebut Cinta Laura menambahkan, banyak anak-anak Indonesia yang tinggal di tempat terpencil masih belum bisa dan belum siap melaksanakan pendidikannya seara digital kendati berlokasi tidak jauh dari ibukota negara.

"Tidak usah jauh-jauh! Sekolah ini yang hanya 1 jam dari kota Jakarta pun masih belum bisa membangun access wifi, sinyal pun putus-putus dan banyak dari anak-anak ini harus menunggu sampai malam hari untuk mendapatkan koneksi yang lancar untuk bisa belajar. Kebanyakan dari mereka juga sebenarnya tidak mempunyai smartphone. Jika punya pun, susah untuk bisa mengerti mata pelajaran dari layar kecil," tulis Cinta.

"Indonesia negara yang besar dan yang aku perlihatkan hari ini hanya satu desa 1 jam dari Jakarta, guys! Sekarang kalian coba bayangkan sendiri, berapa ratus ribu bahkan berapa juta anak-anak dengan nasib yang sama," imbuhnya.

Ia menyebut, di samping kendala internet dan perangkat PJJ seperti smartphone dan laptop, tidak semua siswa sekolah memiliki orangtua yang dapat mendukung pembelajaran dari rumah.

"Children need guidance! Dan gak semua anak mempunyai bapak-ibu yang bisa membantu mereka dengan pelajaran sekolah. We need to face the facts, guys! Banyak dari teman-teman kita di luar sana datang dari latar belakang di mana orang tua mereka tidak berpendidikan tinggi," cuit Cinta.

Cinta Laura menuturkan, siswa sekolah yang tidak memiliki fasilitas memadai untuk melakukan PJJ paling terdampak dengan adanya penerapan sekolah online.

"Dengan sekolah online anak-anak ini sudah 1 tahun ketinggalan pelajaran. SO STOP BEING SELFISH! Kita yang tinggal di kota bisa WFH dan 'learn' from home. Tapi yang kena dampak terbesar dari kebodohan kita/kalian adalah anak-anak dari orang-orang yang tidak memiliki fasilitas yang sama!"

Apa yang akan kamu lakukan jika melihat situasi PJJ dan sekolah tatap muka hari ini, detikers?



Simak Video "PTM Juli 2021 Masih Melihat Pertimbangan Zonasi Risiko"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia