Dibuka untuk Publik, Webinar I-KHub Cegah Ekstrimisme dan Terorisme Bisa Dinikmati Secara Virtual

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 14 Jun 2021 15:30 WIB
I-KHUB
Foto: I-KHUB
Jakarta - Sebagai wujud penanggulangan ekstremisme dan terorisme, pemerintah dan mitra pembangunan berkolaborasi dalam sebuah proyek yang dinamakan dengan I-KHub. Pihak pemerintah yang berkolaborasi dalam membentuk proyek ini, salah satunya adalah BNPT.

Pada hari Senin (14/06/2021) portal resmi virtual tour I-KHub sudah diluncurkan agar dapat diakses oleh publik. Berkonsep unik, portal tersebut bertemakan kapal ruang angkasa dan terdiri dari beberapa ruangan, seperti Ruang Kemitraan, Pencegahan dan Ruang Penegakan Hukum.

Untuk dapat menjelajahi kapal ruang angkasa tersebut, alamat yang dapat diakses adalah ve.k-hub.id. Dan jika ingin mengetahui berbagai informasi terkait dengan penanggulangan terorismedan ekstremisme, kamu dapat mengaksesnya di k-hub.id.

Sebelum mengunjungi dan memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan oleh I-KHub, pengunjung dapat mendaftarkan diri secara personal maupun sebagai organisasi. Salah satu keunggulan mendaftarkan diri sebagai organisasi adalah pengunjung dapat bertukar informasi di sana.

Mengutip dari laman resminya sendiri, ada banyak fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh publik terkait dengan respon terhadap terorisme dan ekstremisme berbasis kekerasan. Di antara fasilitas yang dapat diakses tersebut adalah Expert (kanal untuk menghubungkan dengan para ahli), Kebijakan Nasional dan Daerah (UU, Perpres, Perda, dsb.), Hasil Penerlitian, Buku & Modul, Kebijakan Internasional, Instrumen dan Panduan, Kasus, dan Inisiatif.

Peluncuran portal I-KHub yang berkonsep pameran virtual ini juga dihadiri oleh mantan anggota Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Nyimas Aliah. Dalam peluncuran virtual tersebut dijelaskan bahwa I-KHub merupakan sebuah wadah yang komplit mencakup media, program, dan resource persons.

Pengunjung juga dapat melihat jadwal webinar yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Salah satunya adalah webinar K-Hub dengan tema 'Strategi dan Koordinasi Pendanaan Program Penanganan Ekstrimisme Kekerasan di Indonesia' pada 15 Juni 2021 dan juga webinar K-Hub 'Bikin Narasi Positif Makin Sip! Jurus-jurus Digital Storytelling untuk Suarakan Perdamaian' pada 21 Juni 2021.


Dalam situs resminya, I-KHub menyebutkan bahwa pihak-pihak yang dapat menerima manfaat dari I-KHub adalaH kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, mitra pembangunan (organisasi masyarakat sipil, organisasi internasional, dan lembaga donor), media, dunia internasional, sektor swasta, dan publik. Untuk dapat mengikuti berbagai kesempatan lain terkait dengan penanggulangan terorisme dan ekstremisme yang diadakan oleh I-KHub, informasinya bisa didapatkan di k-hub.id/event.



Simak Video "WhatsApp Area Privat, Virtual Police Tak Akan Masuk Kecuali..."
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia