Mengenal Stanford University, Tempat Kampus Maudy Ayunda Lulus S2

Anatasia Anjani - detikEdu
Kamis, 10 Jun 2021 15:16 WIB
Maudy Ayunda
Mengenal Stanford University, Tempat Kampus Maudy Ayunda Lulus S2 (Foto: Instagram: @maudyayunda)
Jakarta - Pada Rabu (10/6) kemarin, Maudy Ayunda membagikan momen bahagia di akun Instagram pribadinya setelah berhasil menamatkan gelar masternya di Stanford University. Stanford University bukan kampus sembarangan. Perguruan tinggi ini menduduki posisi terbaik kedua di dunia berdasarkan pemeringkatan World University Rankings Times Higher Education.

Selain itu Stanford University juga menduduki peringkat ketiga universitas terbaik di dunia versi QS WUR 2022.

"Saya sudah lulus! Dua tahun benar-benar berlalu. Kata-kata tidak dapat menggambarkan berapa banyak yang telah saya pelajari dari pengalaman ini, terutama karena diwarnai oleh tantangan yang unik dan tak terduga," tulis Maudy Ayunda.

Di postingan selanjutnya, Maudy Ayunda juga menuliskan nama beserta gelarnya lengkap.

"Ayunda Faza Maudya BA, MA, MBA. One more ceremony this weekend - let's go!" tulis Maudy.

Apakah detikers tertarik kuliah di Stanford University? Berikut adalah beberapa hal yang harus diketahui, penjelasan berikut dikutip dari laman Top Universities:

1. Universitas Terbaik di Dunia

Stanford University merupakan universitas terbaik di dunia. Berdasarkan rangking yang diperoleh dari QS WUR 2022, universitas ini terbaik nomor 3 secara global. Sedangkan di US, universitas ini merupakan universitas terbaik nomor 2. Hasil rangking di US tersebut diperoleh dari hasil penelitiannya sebanyak 93,5%, pengalaman belajarnya sebanyak 96,8%, keberagaman dan keinternasionalannya sebesar 82%, dan pegawainya sebesar 83,4%.

2. Memiliki Ribuan Mahasiswa dan Staf Internasional

Berdasarkan data yang diperoleh, Stanford University memiliki mahasiswa sebanyak 16.135 orang. Dan 3.665 diantaranya merupakan mahasiswa internasional. Sedangkan staf di masing-masing fakultasnya yaitu sebesar 4.478 orang. Dengan 2.166 orang staf internasional.

3. Seleksi Masuk Stanford

Untuk program sarjana, Stanford University memiliki seleksi masuk yang sangat ketat. Hal ini terbukti dengan Stanford menjadi 3 teratas kampus dengan seleksi ketat di US. Dengan rasio penerimaan 4,7% pada tahun 2018. Pada proses penerimaan juga terdapat seleksi esai dengan tema ceritakan hal yang sangat bermakna untukmu dan mengapa.

Jika kalian mahasiswa internasional kalian juga mengikuti seleksi yang sama dan harus membuktikan kelancaran berbahasa inggris.

4. Pascasarjana Paling Populer

Berdasarkan data, menunjukkan bahwa teknik adalah sekolah pascasarjana paling populer di Stanford, terhitung sekitar 40 persen siswa. Stanford sebenarnya berada di peringkat kedua dunia untuk teknik & teknologi dalam QS World University Rankings by Subject 2018, setelah Massachusetts Institute of Technology (MIT). Setelah teknik, sekolah pascasarjana paling populer berikutnya di Stanford adalah humaniora dan sains, yang mencakup seperempat dari mahasiswa pascasarjana.

Nah itu tadi adalah beberapa hal yang harus diketahui mengenai Stanford University. Bagaimana tertarik mengikuti jejak Maudy Ayunda menjadi lulusan Stanford University?

Simak Video "Selamat! Maudy Ayunda Lulus dari Stanford"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia